JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Buntut Kecelakaan Kereta Api Gasak 5 Mobil di Purwosari, Petugas Penjaga Perlintasan Resmi Ditetapkan Tersangka

tribunsolo.com
   
tribunsolo.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Penjaga palang perlintasan sebidang Purwosari, AS, kini telah berstatus sebagai tersangka. Dia dianggap lalai hingga menyebabkan KA Jayakarta tabrakan dengan lima kendaraan bermotor.

Peristiwa tabrakan terjadi pada 20 Mei 2019 lalu. Sejumlah saksi menyebut bahwa palang pintu dalam kondisi terbuka saat KA Jayakarta relasi Surabaya-Jakarta melintas di Purwosari.

“Setelah memeriksa penjaga dan beberapa saksi lain, kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Busroni saat ditemui di Mapolresta Surakarta, seperti dilansir Tribratanews Selasa (28/5/2019).

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Kompol Busroni mengatakan AS juga mengakui telah lalai dalam bertugas. Pihak PT KAI pun kooperatif selama polisi melakukan penyelidikan.

“Sistem dari KAI sebenarnya sudah sangat profesional. Akan tetapi karena human error semua bisa terjadi,” ujar Busroni.

Saat itu peristiwa terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Menurut Busroni, jam-jam tersebut memang lalu lintas KA sedang padat.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

Beruntung peristiwa tersebut tidak memakan korban nyawa. Enam orang korban hanya mengalami luka ringan dan kini telah sembuh.

Meski tersangka, AS tidak ditahan karena dinilai kooperatif.

“Sehari setelah kejadian, orang yang bersangkutan bahkan datang sendiri tanpa dipanggil dan mengakui kesalahan. Kemungkinan dia bisa dikenai pelanggaran UU Lalu Lintas, UU Perkeretaapian atau KUHP, masih kita dalami,” katanya. Tim JSnews

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com