JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Dari Lapangan Pekerjaan Usaha Baru Hingga Pemerataan Pendapatan. Hal Ini yang Ada di Sukoharjo

Fashion show batik produk perajin Sukoharjo
   
Fashion show batik produk perajin Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (4/5/2019) mengatakan, setiap daerah pasti punya ciri khas masing-masing. Baik di bidang budaya, seni maupun kerajinan.

Hal itu menunjukkan penggalian potensi daerah agar menarik dan membedakan dengan daerah lain sehingga dibutuhkan kepiawaian, kejelian, serta menciptakan karya seni yang bernilai tinggi.

Dekranasda Sukoharjo sebagai wadah mempunyai peranan penting untuk menggali potensi, mempromosikan, serta menjalin kerjasama yang harmonis dengan semua pihak,” ujar dia.

Menurutnya, keberadaan kerajinan bisa menjadi wahana pemerataan pendapatan, penciptaan usaha baru, membuka lapangan pekerjaan. Serta pelestarian hasil budaya bangsa yang dapat menopang perekonomian masyarakat. Selain itu bisa mengikuti kemajuan teknologi industri dan digital.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Masyarakat bisa melihat secara langsung produk bahkan cara produksi pelaku UMKM dalam pameran di GPPPD Graha Wijaya. Pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi pelaku UMKM,” ungkap Bunda Etik sapaan akrabnya.

Pengurus Dekranasda Sukoharjo berharap pameran pelaku UMKM akan ramai pengunjung dan ada peningkatan transaksi pembelian. Kunjungan tidak hanya diharapkan dari warga lokal Sukoharjo saja namun juga daerah lain.

“Kami berharap ada promosi besar di luar agar pameran UMKM diserbu pembeli,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, mengatakan, sangat mengapresiasi pengurus Dekranasda Sukoharjo dalam merangkul pelaku UMKM agar lebih maju dengan menggelar kegiatan pameran dan pasar murah di GPPPD Graha Wijaya. Kegiatan sangat bermanfaat tidak hanya bagi pelaku UMKM dalam mempromosikan produk yang dihasilkan. Namun juga bagi masyarakat bisa memiliki alternatif dalam membeli produk murah berkualitas hasil karya pelaku usaha Sukoharjo.

Baca Juga :  Pondok Pesantren Assalaam Solo Bangun Kolam Renang Olympic Syariah

Bupati meminta pada pengurus Dekranasda Sukoharjo agar terus memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM. Sebab usaha tidak cukup hanya sekali menggelar pameran namun secara berulang diberbagai kegiatan. Termasuk apabila ada kesempatan mengirim pelaku UMKM ikut pameran di luar daerah. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com