JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Di Negara Ini, Jasad Manusia Boleh Disulap Jadi Pupuk Kompos

Ilustrasi mayat
   
Ilustrasi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Bagaimana mungkin  jasad manusia dijadikan pupuk kompos? Tapi faktanya, Washington telah melegalkan hal itu.

Washington menjadi negara bagian Amerika Serikat yang pertama melegalkan jasad manusia dijadikan kompos untuk menyuburkan lahan, mengatasi krisis lahan dan ramah lingkungan.

Rancangan undang-undang penggunaan jasad manusia untuk menyuburkan lahan telah disahkan menjadi undang-undang setelah ditandatangan Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee.

Mengutip Asia One, 23 Mei 2019, alasan melegalkan jasad manusia ditanam di dalam tanah tanpa peti mati disebabkan krisis lahan untuk pemakaman sekaligus untuk memangkas emisi dan melindungi lingkungan.

Nantinya jasad manusia yang dimasukkan ke tanah di area tertentu akan enjadi kompos yang bersahabat pada alam.

Selain itu, cara ini akan bermanfaat bagi kawasan perkotaan dengan berkurangnya ketersediaan lahan untuk pemakaman. Kremasi jenazah dianggap menjadi masalah bagi emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi.

“Pemakaman sebagai masalah pertama dan utama karena penggunaan lahan. Kremasi merupakan masalah karena emisi gas rumah kaca dan penggunana energi. Jadi apa opsi berikutnya?” kata Katrina Spade, pendiri Recompose, perusahaan perencana pelayanan komersil pengurangan organik berkantor di Seattle.

Sebelum keluarnya undang-undang melegalkan jenazah manusia jadi kompos, kota Washington sudah melakukan moratorium pembangunan area pemakaman.

Menurut Spade kepada Thomson Reuters Foundation, para pejabat kota Washington beralasan lahan tidak baik digunakan untuk pemakaman.

Metode menjadikan jasad manusia dan hewan ternak sebagai kompos telah diuji dalam menyuburkan lahan.

Kini, popularitas pemakaman hijau di istilah lain dari pengomposan jenazah manusia telah meningkat di Amerika Serikat.

“Pilihan ramah lingkungan semakin populer di kalangan konsumen,” kata Diretur Asosiasi Pemakaman Nasional melalui surat elektronik.

Berdasarkan survei asosiasi ini pada tahun 2018, hampir setengah responden menyatakan berminat untuk mendalami pilihan pemakaman hijau dengan menjadikan jasad manusia sebagai kompos.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com