JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

DKK Sragen Ingatkan Konsumsi Bahan Makanan Berpengawet dan Warna Mencolok Bisa Picu Ginjal dan Kanker. Ini Ciri-Ciri Makanan Yang Pakai Bahan Berbahaya! 

Bahan makanan kerupuk merah, cendol, janggelan, ikan asin dan bakso yang dicurigai menggunakan bahan tambahan di luar peruntukan, diamankan untuk diuji lab. Foto/Wardoyo
   
Bahan makanan kerupuk merah, cendol, janggelan, ikan asin dan bakso yang dicurigai menggunakan bahan tambahan di luar peruntukan, diamankan untuk diuji lab. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen mengimbau masyarakat lebih cermat dan berhati-hati dalam membeli dan mengonsumsi bahan makanan. Pasalnya dampak negatif dari konsumsi bahan atau makanan berbahan tambahan berbahaya, bisa berimbas pada penyakit jangka panjang yang fatal.

Kepala DKK Sragen, Hargiyanto melalui Sekdin Fanni Fandani mengatakan konsumsi makanan dengan bahan tambahan kimia berbahaya seperti pewarna tekstil atau pengawet formalin maupun boraks, bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga :  Geger Warga Sragen Beli Mobil Baru Isi Bahan Bakar Dexlite di SPBU Jetak Sidoharjo Sragen Mesin Langsung Rusak, Komsumen Curigai Jual Dexlite Tidak Asli

“Dampaknya memang enggak sekarang tapi jangka panjang. Dampaknya bisa memicu ginjal dan kanker,” paparnya Jumat (24/5/2019).

Menurut Fanni, dengan bahaya itu, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih cermat dan berhati-hati dalam memilih bahan makanan. Ia menyampaikan biasanya bahan makanan yang menggunakan tambahan berbahaya memiliki ciri fisik yang mencolok.

Misalnya untuk kerupuk merah atau cendol warna warni yang menggunakan bahan pewarna tambahan berbahaya, memiliki warna yang mencolok.

“Kalau ikan asin yang pakai bahan pengawet berbahaya itu biasanya cirinya tidak dikerubuti lalat. Penampakannya juga kaku,” tukasnya.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Imbauan itu disampaikan menyusul temuan sejumlah bahan makanan yang dicurigai menggunakan bahan tambahan di luar peruntukan dalam inspeksi mendadak ke sejumlah pasar tradisional, Rabu (22/5/2019).

Bahan makanan yang disita sebagai sampel itu di antaranya ada kerupuk merah, kerupuk warna, trowolo, janggelan, cendol, ikan asin, ikan teri nasi dan bakso.

Bahan itu diamankan dari sejumlah pedagang di Pasar Gemolong dan Pasar Bunder Sragen. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com