JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Hasil Akhir Pleno Pemilu 2019 di Karanganyar, PDIP Jawara di Pileg DPRD, Provinsi dan DPR RI. Berikut Perolehan Suaranya! 

Ilustrasi pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019. Foto/Wardoyo
   
Ilustrasi pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM PDIP sukses menjadi jawara dalam Pemilu Legislatif 2019 di wilayah Karanganyar. Tak hanya unggul di perolehan suara DPRD Kabupaten, partai berlambang banteng moncong putih itu juga menguasai perolehan suara di DPRD Provinsi maupun DPR RI.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 yang selesai digelar 1 Mei 2019, menunjukkan perolehan suara PDIP di Karanganyar unggul di semua jenjang.

Di tingkat DPRD Kabupaten, PDIP menduduki peringkat teratas perolehan suara dengan raihan total 152.723 suara. Pun di jenjang Pileg DPRD Provinsi, PDIP juga berjaya dengan meraup suara 199.614. Keunggulan itu digenapi di Pileg DPR RI, PDIP juga menang dengan perolehan suara total 198.993 suara.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Menyusul PDIP, di peringkat kedua adalah Golkar. Di kontestasi Pileg DPRD Kabupaten, Golkar meraup 145.152 suara. Kemudian di tingkat DPRD Provinsi, Golkar meraih 95.489 suara dan di tingkat DPR RI, Golkar meraih total 94.691 suara.

Ketua KPU Karanganyar, Triastuti Suryandari kepada wartawan mengatakan pleno rekapitulasi perhitungan suara sudah selesai digelar dan ditetapkan 1 Mei 2019. Namun untuk penentuan dan penetapan Caleg yang bakal terpilih, baru akan dilakukan pada 22 Mei mendatang.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Menurutnya perhitungan kursi masing-masing parpol akan menggunakan metode sainte lague.

“Penetapan hasil perhitungan akan diumumkan pada 22 Mei 2019,” paparnya.

Sementara untuk tingkat partisipasi masyarakat diperkirakan mencapai 80,5 persen. Menurutnya angka partisipasi itu setidaknya sama dengan Pilkada. Wardoyo.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com