JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Tahapan Gugatan Sengketa Pilpres di MK yang Harus Dilakukan Kubu Prabowo

tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jumat (24/5/2019) adalah hari terakhir pendaftaran gugatan Prabowo-Sandiaga ke Mahkamah Konstitusi terkait hasil Pilpres 2019.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo, Hashim Djodjohadikusumo menjadi penanggungjawab dalam urusan sengketa Pilpres ini.

“Pak Prabowo dan saya menunjuk penanggungjawab untuk gugatan ke MK ini akan dikomandoi Pak Hashim Djodjohadikusumo,” kata Sandiaga Uno di kediaman Prabowo, Jalan Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Kesempatan kubu Prabowo menggugat hasil Pilpres 2019 yang memenangkan kubu Joko Widodo-Maruf Amin memang tinggal hari ini. Menurut jadwal yang dikeluarkan MK, pendaftaran gugatan Pilpres dibuka pada 21 Mei dan berakhir pada Jumat (24/5/2019).

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Setelah pendaftaran, maka kubu Prabowo harus melakukan registrasi permohonan peserta pilpres yang mengajukan sengketa paling lambat 11 Juni 2019.

Pada tahap ini kubu Prabowo sudah harus melengkapi berkas permohonan dengan alat bukti, lalu melakukan registrasi pengajuan sengketa ke Buku Registrasi Perkara Konstitusi untuk pilpres.

Setelah itu, MK bakal menggelar sidang pendahuluan pada 14 Juni 2019. Dalam sidang itu, MK akan memutuskan lanjut tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan dan barang bukti yang diajukan.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Sidang pemeriksaan pembuktian akan digelar pada 17 Juni 2019. Agenda sidang yakni pemeriksaan pada pokok perkara, hingga sidang terakhir pada 24 Juni 2019.

Pada 25 Juni-27 Juni 2019, MK bakal menggelar Rapat Permusyawaratan Hakim. MK akan membacakan putusan sengketa pilpres 2019 yang diajukan kubu Prabowo itu pada 28 Juni 2019.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com