JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Tanda-tanda Tubuh Kurang Nutrisi, Tak Perlu Repot Hitung Asupan Kalori

Ilustrasi makanan sehat. Pexels
   
Ilustrasi makanan sehat. Pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk mencukupi nutrisi harian tubuh maka perlu asupan makanan dan minuman yang bervariasi. Hal ini sesuai dengan anjuran para ahli gizi.

Dokter spesialis gizi klinis, Dermawan C. Nadeak, mengatakan kalori yang harus dicapai wanita umumnya adalah 2.000, sedangkan pria adalah 2.500. Nah, umumnya, untuk mengetahui apakah asupan harian ini tercukupi, Anda pasti akan disarankan untuk menghitung kalori setiap makanan yang dimakan. Tapi itu bukanlah hal yang mudah untuk melakukannya.

“Contoh di kota besar saja. Orang-orang sudah terlalu sibuk. Bisa makan saja, bersyukur. Pasti mereka tidak bisa setiap saat cek dan hitung kalorinya. Ribet kan,” katanya saat ditemui TEMPO.CO di Jakarta pada Kamis, (16/5/2019).

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Daripada menghitung dengan cara yang tidak efektif, Dermawan membagikan beberapa tanda yang bisa Anda waspadai, yang berhubungan tentang kurangnya asupan gizi harian Anda.

Isyarat pertama adalah rasa lemas, pusing, dan tidak kuat untuk menjalankan aktivitas. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh aliran oksigen dalam tubuh yang berkurang.

“Oksigen itu dibawa oleh darah. Dan kalau terhambat atau volumenya lebih sedikit, itu disebabkan oleh asupan gizi yang minim. Jadi produksi oksigen yang dibawa darah juga berkurang sehingga dampaknya seharian lemas terus,” katanya.

Tanda selanjutnya adalah ketidakmampuan untuk berolahraga setelah pulang kantor. Dermawan mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh habisnya cadangan energi pada tubuh. Padahal, apabila seseorang makan dengan gizi seimbang, cadangan energinya dapat digunakan untuk beraktivitas seharian, bukan setengah hari saja.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

“Zaman sekarang kan anak muka trennya pulang kantor lalu pergi ke gym. Tapi kalau pulang kantor bawaannya capek, mau tidur saja dan tidak bisa berolahraga, artinya cadangan energi kurang sehingga disimpulkan gizi juga tidak memenuhi target harian,” katanya.

Oleh karena itu, ia pun kembali berpesan agar selalu mengkonsumsi makanan yang bervariasi dan bergantian. Jadi, tanpa harus menghitung atau merasakan perubahan dalam tubuh, asupan gizi harian pasti terpenuhi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com