JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Komunitas KWS Kirimkan Relawan Ikuti Pembekalan Rescue dari BPBD Sragen 

Pelatihan Water Rescue oleh BPBD Sragen. Foto/Wardoyo
   
Pelatihan Water Rescue oleh BPBD Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah relawan dari komunitas Kumpulan Wong Sragen (KWS) turut ambil bagian dalam pelatihan water rescue yang diprakarsai oleh BPBD Sragen. Bersama puluhan relawan dari komunitas lain, mereka mengikuti acara pelatihan water rescue selama dua hari, Sabtu-Minggu (18-19/5/2019).

Acara sesi pertama diisi dengan pendirian tenda dan dapur umum. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan water rescue.

Sesi kedua digelar sehabis sholat tarawih yang kemudian dilanjutkan pembekalan mental oleh Kasie RR BPBD Sragen, Untung Darmadi. Pembekalan dilanjutkan dengan susur malam atau tracking sejauh 8 kilometer.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Selesai pelatihan ditutup dengan upacara dan cleaning peralatan. Humas KWS, M Put Iswahyudi dalam rilisnya mengatakan dalam pelatihan itu melibatkan banyak unsur.

Foto/Wardoyo

Selain BPBD, ada berbagai elemen seperti Himalawu, SAR MTA, Orari, Kerjo Penak, Wong Salam Gemolong, Semut Ireng, Santana, KWS, Poldes dan PMI Sragen.

“Jumlah peserta sekitar 65 orang. Kegiatan Water Rescue ini dilakukan kepada relawan yang baru mendeklarasikan menjadi Relawan BPBD Kabupaten Sragen. Tujuannya untuk melatih kemampuan dan keterampilan dasar pertolongan air sehingga bila terjadi keadaan darurat  dapat melakukan teknik penyelamatan dengan baik dan benar,” paparnya Minggu (19/5/2019).

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Dengan kemampuan yang terlatih, sehingga diharapkan dapat meminimalisir jumlah korban. Terkait relawan KWS, pembekalan itu diharapkan relawan KWS dapat menyatu dengan relawan se-Kabupaten dalam menggali ilmu ataupun berkontribusi kepada Bumi Sukowati. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com