JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Marak Penangkapan Teroris, 1.238 Personel TNI Polri Dikerahkan Amankan Peringatan Waisak di Candi Borobudur 

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Tak kurang dari 1.238 personel Polri gabungan dengan TNI dan instansi terkait lainnya turun mengamankan pelaksanaan Peringatan Tri Suci Waisak 2563 BE/2019 yang dipusatkan di plataran Candi Borobudur, Magelang pada hari Sabtu hingga Minggu pagi (18-19/05).

Dari sekian ribu personel pengamanan yang diturunkan, Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jawa Tengah diminta kekuatan sebanyak 26 personel terbaiknya.

Mereka adalah personel dengan kemampuan lawan teror, penjinak bom, penanggap ancaman KBR berbahaya, dan escape. Kali ini AKP Nur Alfian Zaelani, ditunjuk sebagai yang dituakan dari personel Gegana pengamanan Waisak.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Tory Kristianto memimpin langsung personel dari Brimob Polda Jawa Tengah secara keseluruhan.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Disampaikan oleh Kapolres Magelang, “Terima kasih atas kehadiran personel BKO baik dari Satker Polda, TNI, maupun Polres tetangga. Borobudur selalu menjadi perhatian dunia, sehingga perlu dilaksanakan pola pengamanan antisipatif guna meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” paparnya dilansir Tribtatanews Polda Jateng.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Kapolres Magelang, AKP Alfian juga menuturkan bahwa Detasemen Gegana sebagai bagian dari Korps Brimob Polri adalah pasukan khusus Polri yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penindak kejahatan berekskalasi tinggi. Menurutnya personel selalu siap digerakkan dimana pun dan kapan pun pimpinan memerintahkan.

“Kita tidak ingin puncak peringatan Waisak diganggu oleh oknum/kelompok radikal. Penangkapan terduga teroris beberapa waktu lalu tentunya menjadi atensi kita bersama bahwa ancaman teror masih tetap ada. Itulah mengapa Gegana selalu ready for use,” ucap AKP Alfian.

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

Terpantau sejak tadi pagi para personel Gegana Jateng telah tiba di Magelang. Tim penjinak bom (jibom) beserta tim deteksi KBR langsung melakukan sterilisasi di plataran Candi Borobudur (Zona 1) tempat dilakukannya puncak prosesi Waisak. Adapun tim wanteror dan escape bersiaga di sekitaran lokasi memantau situasi.

“Waspada, siaga, dan jangan lengah. Proses pengamanan akan berjalan hingga besuk pagi, pukul 04.00 WIB. Hal ini akan menguras tenaga, tapi percayalah Tuhan akan membalas jerih payah kita,” tambah AKP Alfian. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com