JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Persiapan Arus Mudik Dan Balik Lebaran 2019, Terminal Tirtonadi Solo Gelar Cek Kesehatan Sopir Bus

Suasana Terminal Tirtonadi Solo. Foto Ilustrasi
   
Ilustrasi. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan sopir bus khususnya Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mendapatkan fasilitas cek kesehatan di Terminal Tipe A Tirtonadi. Pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, diabetes, kandungan alkohol dan narkoba dan digelar selama dua hari Selasa-Rabu (22-23/5/2019).

Koordinator Pemeriksaan Pengemudi Bus dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Sunaryo mengungkapkan, pemeriksaan dilakukan pada 100 pengemudi bus jatak jauh sebagai langkah antisipasi.

‘Melalui cek kesehatan ini akan dapat dilihat faktor resiko kesehatan para pengemudi bus. Kemudian akan diterbitkan surat sertifikasi layak jalan bagi pengemudi dari pihak terminal. Kami yang merekomendasikan layak tidaknya pengemudi membawa kendaraannya berdasarkan faktor resiko kesehatan mereka,” ujarnya.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Sunaryo menambahkan, berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, faktor resiko kesehatan yang paling banyak ditemukan pada para pengemudi adalah gangguan tekanan darah atau darah tinggi.

“Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satubya karena ketegangan akibat mengemudi jarak jauh. Ditambah dengan kebiasaan pengemudi setiap harinya dan mengabaikan olahraga. Ketika kondisi fisik pengemudi turun, maka harus disiapkan pengemudi pengganti. Idealnya seperti itu. Kemudian bagi pengemudi yang sakit akan diobati selama tiga hari kemudian dipantau,” paparnya.

Baca Juga :  Dari Jakarta Langsung Temua Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Gibran Mengaku Hanya Silaturahmi Saja

Ditambahkan Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali. Namun untuk menghadapi momen mudik dan balik Lebaran 2019 kali ini, kegiatan cek kesehatan akan lebih sering dilakukan.

“Lebaran selalu fokus pada ramcek dan cek kesehatan. Kami tekankan pada persiapan pengemudi untuk menghadapi afus mudik dan balik, demi menjaga keamanan dan kenyamanan para penumpang. Kalau memang didapati pengemudi tidak layak membawa kendaraannya karena faktor resiko kesehatan, kami berhak memberhentikannya,” tandas Joko. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com