JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pusat Studi Pangan Unisri Gelar Workshop Olahan Produk Mocaf

dok Humas Unisri
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pusat Studi Pangan dan Kesehatan Masyarakat (PSPKM) Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat  Unisri Surakarta menggelar workshop dan pelatihan olahan produk Mocaf.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (4/5/2019) itu diselenggarakan berkat kerja sama dengan PT Tepung Mocaf Solusindo.

Workshop dan pelatihan yang berlangsung di Laboratorium Backery Fakultas Teknologi dan Industri Pangan itu diikuti oleh beberapa anggota Pusat Studi (PSPKM) dan 27 UKMK di Surakarta yang memproduksi olahan pangan.

Menurut Kepala PSPKM, Yustina Wuri Wulandari, STP.,MP, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan tepung mocaf sebagai bahan dasar olahan produk pangan.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Selain optimalisasi tepung berbahan dasar produk lokal juga dihasilkan aneka produk pangan yang bebas gluten dan tinggi serat.

Tepung mocaf merupakan tepung dari singkong yang dibuat menggunakan prinsip modifikasi sel singkong secara fermentasi.

Kelebihan tepung mocaf dibandingkan tepung singkong yaitu warnanya lebih putih dibanding  tepung singkong biasanya dan memiliki karakteristik seperti tepung terigu tetapi tidak mengandung gluten.

“Oleh karena itu tepung mocaf dapat diolah menjadi aneka produk pangan yang biasanya berbahan terigu,” jelasnya, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirim ke Joglosemarnews.

Dalam kegiatan tersebut, peserta pelatihan mendapatkan praktik pembuatan cookies dan banana nugget berbahan dasar tepung singkong.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus berkelanjutan sehingga UKMK di Surakarta mampu memproduksi inovasi produk pangan berbahan dasar bahan lokal yaitu tepung mocaf. Sehingga bukan hanya meningkatkan nilai jual sigkong saja, tetapi juga menghasilkan produk pangan yang menyehatkan,” pungkasnya. suhamdani.

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com