JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Remaja Masjid dan UMKM Gelar Workshop Digital Marketing

Joglosemarnews/A Setiawan
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bulan Ramadhan dimanfaatkan oleh remaja masjid dan UMKM  untuk menggelar workshop ‘Pemanfaatan Gadget untuk Digital Marketing’, Minggu (26/5/2019).

Acara tersebut berlangsung di serambi masjid Al-Fatih, Kepatihan, Jebres, Solo. Pelatihan diikuti oleh puluhan remaja masjid dan UMKM di sekitar lingkungan masjid.

Workshop tersebut menghadirkan narasumber Bambang Eka Purnama selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi UBSI, Kampus Surakarta.

Dalam paparannya, Bambang mengatakan, gadget menjadi salah satu teknologi yang penggunaannya terus mengalami peningkatan.

“Karena itu, penggunaan gadget perlu diarahkan agar dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan,” bebernya.

Menurut Bambang, gadget dapat digunakan untuk  membranding produk UMKM maupun kegiatan remaja masjid.

Baca Juga :  Gugatan Ganjar-Mahfud di MK, Anggap Suara Prabowo-Gibran 0 di Semua Daerah, Gibran: Mungkin Pak Ganjar Ngelawak

Dengan demikian, ujar Bambang, maka kegiatan remaja masjid akan bisa diketahui oleh masyarakat secara luas dan bisa menginspirasi.

Sementara itu, peran UMKM yang masih konvensional harus disupport oleh remaja masjid agar penjualannya bisa meningkat karena dibranding dengan baik.

“Selain untuk digital marketing, gadget juga dapat digunakan untuk menciptakan konten-konten kreatif. Di sini remaja masjid dapat memanfaatkannya sebagai media dakwah dan menyebarkan kebaikan,” ujarnya.

Workshop tersebut dilakukan dengan memberikan arahan agar agar remaja masjid memanfaatkan gadget untuk digital marketing melalui sosial media.

Menariknya, peserta workshop juga diberi pembekalan untuk mengetahui bagaimana membuat konten yang menarik.

Baca Juga :  Tak Jadi Pakai Pasir, Pihak Terkait Sepakat Penutup Lahan Alkid dan Alut Keraton Solo Akan Pakai Rumput

Bambang menambahkan, UMKM menjadi salah satu tonggak perekonomian masyarakat sekitar yang beberapa ownernya merupakan kaum millenial.

Di sinilah peran gadget dapat diselaraskan dengan digital marketing untuk memasarkan produk. Gadget dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk memberikan dampak yang positif dan mendukung perkembangan bisnis.

Sementara itu, Ustadz Mohammad Solahudin selaku ketua takmir masjid Al Fatih mengaku senang karena mendapat pengetahuan baru untuk membranding dengan cara yang lebih baik.

Ia berharap ke depannya kerja sama tersebut tidak berhenti sampai di sini saja. Namun  bisa lebih intensif bersama UBSI Kampus Solo, sehingga akan makin banyak lagi kemanfaatan yang bisa ditebar untuk umat. A Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com