JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Senangnya Siswa SDIT Nur Hidayah Membuat dan Berbagi Parcel Lebaran

Dok SDIT Nur Hidayah
   
Dok SDIT Nur Hidayah

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Bertepatan dengan 19 Ramadhan 1440 H, para siswa kelas 1 SD Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah mengikuti Pesantren Ramadhan, Jumat (24/5/2019).

Acara tersebut mengusung tema ‘Berbagi Kebahagiaan di Bulan Mubarok’.  Kegiatan tersebut  memiliki tujuan untuk memupuk rasa kepedulian anak dengan berbagi kepada sesama.

Di dalam acara tersebut, anak diajak untuk mempraktikkan kerja sama dengan bekerja berkelompok. Misalnya saat membuat parcel lebaran, serta mengasah kreativitas anak.

Rangkaian acara dimulai dengan tahfidz pagi, yakni menghafalkan surat dalam juz’amma, dilanjutkan dengan salat dhuha dan doa salat dhuha.

Selanjutnya, anak-anak diajak untuk membuat dan menghias ucapan seusai tema. Dan terakhir,  anak diajak untuk merangkai parcel dan diberikan kelada yang berhak menerimanya.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Barang-barang yang dibawa anak-anak beragam sesuai kelompoknya. Ada yang membawa sirup, minyak, gula, dan lainnya.

Khadijah Mufida (7) misalnya, menyampaikan bahwa membuat parcel itu menyenangkan. Awalnya dia  merasa tidak bisa, tetapi setelah dilakukan bersama sama ternyata jadi mudah.

Rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan 1440 H diakhiri dengan acara berbagi bersama. Acara yang diawali yel-yel ini dipandu Ustadz Sugeng Sugiharto,S.Ag selaku koordinator kelas 1.

Ustadzah Siti Aminuriyah, S.Ag, S.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan,  kegiatan itu  menjadi sarana para siswa berlatih berbagi sejak dini.

Acara tersebut  juga dihadiri perwakilan dari Cleaning Service dan Satpam SDIT Nur Hidayah. Parcel lebaran hasil kreasi anak-anak disalurkan kepada Satpam, Cleaning Service, dan Supeltas.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Nida (7) salah satu siswa kelas 1, saat acara perkenalan dengan Cleaning Service mengatakan.

“Bapak dan ibu cleaning Service sudah banyak berbuat baik dan membantu kita. Kita ingin berterima kasih dengan berbagi parcel karya kami sendiri,” ujarnya.

Ustadz Sugeng berharap kegiatan itu menjadi pengalaman berharga untuk para siswa ke depannya sebagai pembentukan karakter mulia.

” Kelak ketika telah menjadi pejabat atau pengusaha sukses, terus ingat untuk melakukan kebajikan, salah satunya dengan berbagi kepada sesama,” tutup Ustadz Sugeng Sugiharto, S.Ag. #A Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com