JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Seperti Ini Spesialisasi dan Kemampuan Endang, Terduga Teroris Cibinong

Tempo.co
   
Tempo.co

BOGOR, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Terduga teroris Cibinong, Endang alias Abu Rafi (51)  memiliki keahlian khusus dalam membuat bom dengan daya ledak tinggi (high explosive).

Demikian diutarakan oleh Kepala Biro Penerangan Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo.

Dia mengatakan, Endang telah bergabung dengan Firqoh Abu Hamzah selama lima tahun  belakangan.

“Dia pernah berangkat ke Suriah tapi dia ditangkap di Turki dan dideportasi ke Indonesia,” kata Dedi di lokasi, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong Sabtu (18/5/2019).

Dedi mengatakan, kemampuan Abu Rafi adalah membuat bom dengan tingkat ledak yang tinggi atau high explosive.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

“Bahkan kemampuan E alias pak Jenggot ini memiliki kemampuan merakit bom dengan tingkat lebih tinggi bukan hanya bahan TATP tetapi berbagai senyawa-senyawa sudah dia coba,” katanya.

Hal itu, ujar Dedi, dibuktikan dengan adanya sebuah laboratorium mini di dalam rumahnya. Dan di dalam rumah turut di sita bahan-bahan kimia dan berbagai gelas kimia.

Adapun barang yang disita antara lain perangkat panci, rice cooker, berbagai senjata tajam, air softgun, dan bahan pembuan bom, seperti nitroplane, urea, sulfur, asepton, H2SO4, H2O2, HNO3, almunium, HCI, potasium, ofoil, tiner, paku, alat penggerus, gelas kimia, dan satu rangkaian detonator.

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

“Kami juga menemukan enam buah bom bahan TATP yang sudah jadi dan siap ledak,” kata Dedi.

Lebih jauh Dedi mengatakan, Abu Rafi telah mengikuti latihan I’dad di Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, dan telah memiliki keinginan untuk bergabung bersama ISIS.

Sebelumnya aparat Kepolisian Detasemen Khusus atau Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap Abu Rafi, terduga teroris jaringan ISIS di Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Jumat, 17 Mei 2019, pukul 15.30.

Sehari-hari, terduga teroris Abu Rafi bekerja sebagai juru parkir di Simpang Bintang Mas, Cibinong, tak jauh dari rumahnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com