JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Tergiur Akik Sakti Tahan Bacok, Belasan Siswa SMP di Klaten Tertipu dan Diperas Tabib Abal-abal 

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Klaten berhasil menangkap AS alias Acil yang diduga melakukan pemerasan kepada sejumlah siswa di Kecamatan Prambanan.

Pria yang berprofesi tabib ini kini mendekam di ruang tahanan Mapolres setempat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Rabu (08/05/2019).

Pengungkapan kasus ini berawal saat orang tua Rico, salah satu korban, mengaku sering kehilangan uang, bahkan sejak tahun 2018, tercatat 20 kali kehilangan uang.

Kemudian orang tua Rico menginterogasi anaknya dan jujur mengaku telah mengambil uang untuk membelik akik dari tersangka yang menggunakan nama Ki Prana.

Kepada korban, Acil mengaku jika akik yang dijual ini memiliki kesaktian dan tahan bacok. Hanya saja agar kesaktiannya tidak hilang, pemilik akik harus membeli minyaknya sebulan sekali.

Kalau tidak dibeli sesuai pengakuan tersangka, dapat mengancam nyawa korban dan orang tuanya.

“Mendengar penjelasan korban, bergegas orang tua Rico melaporkan kepada Polsek Prambanan, berdasarkan laporan itu, Unit Reskrim Polsek Prambann berhasil melakukan penangkapan tersangka di kontrakannya”, kata Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi, melalui Kasat Reskrim Polres setempat, AKP Didik Hermansyah dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Ia menjelaskan dalam pemeriksaan petugas, tersangka mengakui perbuatannya tersebut dan juga menerangkan ada korban lain rata rata kelas 3 SMP kurang lebih 15 orang dengan kerugian rata rata 1 juta hinga 15 juta rupiah.

“Atas perbuatannya itu tersangka dijerat tindak pidana Pemerasan atau penipuan atau Pasal 368 KUHP atau Pasal 378 KUHP, sejumlah barang bukti kita amankan seperti akik warna putih mani gajah, 1 buah botol minyak akik di sita, 1 buah akik kecubung yang pecah, 1 buah keris dan 1 buah cepuk berisi akik dan keris,” jelas Kasat.

Kepada sejumlah awak media, Acil tega melakukan perbutan ini untuk mendapatkan uang, dia juga mengaku selama ini berprofesi sebagai tabib. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com