JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Unisri Gelar Seminar Nasional Bimbingan Konseling 2019

Dok Humas Unisri
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyelenggarakan seminar nasional Bimbingan Konseling (BK) di kampus setempat, Sabtu (11/5/2019).

Seminar tersebut dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (HMPS BK) Unisri, Surakarta.

Acara tersebut berlangsungn di ruang seminar Gedung B kampus Unisri dengan mengusung tema ‘Strategi Abkin (Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia) Menyiapkan  Guru BK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0’.

Hadir sebagai narasumber Dr H Muh Farozin, MPd, yang yang merupakan Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Haryo Kusumo, selaku Humas Unisri melalui rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, seminar tersebut diikuti 120 orang peserta.

Para peserta terdiri dari anggota Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), mahasiswa Universitas Veteran, serta Mahasiswa Unisri Surakarta sendiri.

Acara dibuka secara langsung oleh Rektor Unisri, Prof Dr Ir Sutardi MappSc. Dalam sambutannya, Sutardi mengapresiasi Prodi Bimbingan dan Konseling yang sudah menyelenggarakan Seminar Nasional Bimbingan Konseling 2019.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Sementara itu, Dra Sri Hartini, MPd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisri  mengatakan, seminar tersebut memiliki tujuan strategis.

“Agar guru maupun calon guru BK dapat segera menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang ditandai dengan pesatnya digitalisasi. Ini menuntut mereka untuk sigap melakukan kolaborasi dan mampu memanfaatkan teknologi,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilis.

Dekan FKIP ini menjelaskan bahwa generasi muda Indonesia harus mampu mengendalikan teknologi. Bukan sebaliknya, justru dikendalikan oleh teknologi.

Seminar Bimbingan Konseling 2019 di Unisri, Ini Yang Dibahas istimewa

“Tantangan besar bagi Guru BK adalah bagaimana mengawal proses belajar mengendalikan dan mengelola diri sendiri,” lanjutnya.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Generasi muda juga dituntut bijak menggunakan teknologi komunikasi sehingga mampu membangun hubungan yang produktif, efektif dan efisien.

“Tujuan akhir dari semua itu adalah agar hidup mereka bahagia dan sejahtera,” jelas Sri Hartini.

Ketua Pelaksana Seminar, Anggit Saras Pratama mengatakan, kegiatan itu merupakan kegiatan rutin Himpunan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling.

“Setiap tahun kegiatan macam ini kami adakan. Tujuannya untuk mengembangkan SDM yang ada di lingkup Program Studi maupun lingkup eksternal,” jelasnya.

Sementara itu, Muh Farozin selaku narasumber lebih menekankan pada bagaimana strategi Abkin dalam menyiapkan kader dan calon guru BK di era milenial.

Guru BK yang tanggap dan mampu menghadapi tantangan revolusi Industri 4.0. Ia juga menekankan pentingnya melakukan modernisasi sistem BK untuk saat ini dan ke depan. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com