JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Yayasan Pendidikan Batik Surakarta Gelar Program Ekstensi Keterampilan Sebagai Langkah Konkret Siapkan Sumber Daya Manusia

   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Yauasan Pendidikan Batik Surakarta menggelar Program Ekstensi Ketrampilan sebagai langkah konkret menyiapkan SDM. Hal itu juga bertujuan untuk menciptakan lulusan siap kerja.

Sekretaris Yayasan Pendidikan Batik Surakarta, Syahrial Amri menuturkan, lembaga penyelenggara pendidikan memiliki berbagai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Lembaga pendidikan selain melakukan transfer ilmu pengetahuan juga harus mampu memberikan bekal kepada siswa-siswinya untuk dapat melakukan implementasi di lapangan.

“Hal ini dilatar belakangi oleh kebutuhan akan sumber daya manusia siap kerja yang semakin tinggi. Dan salah satu langkah yang ditempuh untuk menciptakan lulusan siap kerja yaitu melalui oenyelenggaraan Program Ekstensi Keterampilan Siswa SMK Batik. Program baru ini disosialisasikan di Aula Sidoluhur, Selasa (30/4/2019) lalu,” paparnya dalam rilis yang diterima, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

Meenurut Syahrial, Program Ekstensi Keterampilan Siswa SMK Batik ini merupakan program ekstensi yang ditujukan untuk membekali siswa yang berupa keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Program ini ditujukan untuk lulusan SMK Batik 1 Surakarta dan Lulusan SMK Batik 2 Surakarta.

“Program ekstensi keterampilan ini terdiri dari keterampilan servis laptop dan teknik komputer jaringan dari SMK Batik 1 Surakarta, dan Program keterampilan multimedia dan sinematografi dari SMK Batik 2 Surakarta. Secara garis besar program ini merupakan inisiasi dari Universitas Islam Batik Surakarta yang disambut baik oleh Yayasan Pendidikan Batik sebagai fasilitator. Pelaksana program ini adalah SMK Batik 1 Surakarta dan SMK Batik 2 Surakarta. Program Ekstensi Keterampilan ini akan dilaksanakan dengan durasi satu tahun,” imbuhnya.

Baca Juga :  Caleg PDIP Yang Terancam Tidak Dilantik Di Solo Raya Buka Suara, Akan Bawa Ke Upaya Hukum Jika Tetap Tidak Dilantik

Program tersebut juga merupakan program lanjutan setelah para siswa menuntaskan pendidikan mereka di Sekolah Menengah Kejuruan. Setelah para siswa menempuh program ekstensi keterampilan, para peserta akan diikutkan ujian sertifikasi profesi.

“Sehingga melalui program ini, para peserta dapat menjadi tenaga kerja yang bersertifikasi. Nantinya melalui program ini setelah menjadi tenaga kerja yang bersertifikasi dapat melanjutkan pendidikan lanjut di UNIBA Surakarta. Hal tersebut mengingat pentingnya pendidikan dan keterampilan di era yang sangat dinamis ini. Ketika sumber daya manusia telah memiliki pendidikan dan ketrampilan yang cukup maka eksistensi di dunia yang terus berkembang ini dapat dipertahankan,” tukas Syahrial. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com