JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Besok Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka, Ini Persyaratannya

ujian
ilustrasi/tempo.co
   
ujian
ilustrasi/tempo.co

JOGLOSEMARNEWS.COM – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Pendaftaran akan dibuka mulai 10 Juni jam 13.00 WIB hingga 24 Juni 2019.

“Kepada para calon pendaftar agar memperhatikan secara teliti dan cermat semua ketentuan persyaratan dan tahapan pendaftaran,” kata Ketua LTMPT Ravik Karsidi, Minggu (9/6/2019).

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tahapan pendaftaran dapat disimak pada laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id.

Persyaratan peserta ada delapan poin. Pertama pendaftar merupakan siswa SMA sederajat lulusan 2017, 2018 dan harus sudah memiliki ijazah. Adapun bagi siswa SMA sederajat lulusan 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Syarat kedua, pendaftar memiliki nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Kemudian memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Syarat lain pendaftar memiliki nomor induk siswa nasional (NISN). Khusus bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Syarat berikutnya yaitu pendaftar tidak lulus jalur SNMPTN 2019.

Program studi, daya tampung per perguruan tinggi negeri (PTN) tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN pada 2018 dapat dilihat di laman https://sbmptn.ltmpt.ac.id. Adapun bagi peserta pelamar program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Calon peserta penerima beasiswa Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 dan calon peserta non-Bidikmisi yang dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan
mendaftar SBMPTN 2019.

Ravik juga menyatakan LTMPT tidak menjalin kerjasama dengan pihak manapun dalam pelaksanaan SBMPTN 2019. Semua informasi resmi diinformasikan melalui laman http://sbmptn.ac.id.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com