JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

BULOG Jalin Kerjasama On Farm dengan UNS

Humas UNS
   
Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Direktur Pengembangan Bisnis dan lndustri Perum BULOG Imam Subowo dan Wakil Rektor IV Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Sajidan menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama terkait Pengembangan Pangan di Wilayah Eks Karisidenan Surakarta. Penandatanganan dilakukan UNS yang disaksikan o|eh Direktur Utama Perum BULOG, Budi Waseso dan Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho.

Kerjasama ini diIakukan dengan tujuan menciptakan pemberdayaan pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani melalui penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan potensi Iahan, teknologi dan manajemen budidaya serta penyediaan modal usaha pertanian sekaligus memudahkan akses pasar bagi petani berdasarkan prinsip saling menguntungkan.

“Hal ini (penandatanganan nota kesepahaman)merupakan awal kerjasama yang akan ditindaklanjuti dengan kegiatan yang Iebih rinci, dan diharapkan dapat menghasilkan produk pangan berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat serta memberikan jaminan modal dan kepastian pasar bagi petani,” ujar Budi Waseso, Direktur Utama (Dirut) Perum BULOG dalam sambutannya, Jumat (21/6/2019)

Nota Kesepahaman yang berlaku untuk 5 tahun kedepan ini memiliki ruang lingkup kerjasama meliputi kegiatan pengelolaan on farm, pemanfaatan teknologi pengolahan Iahan dan budidaya yang modern, serta manajemen dan penanganan pasca panen.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan tindak Ianjut perjanjian kerjasama antara BULOG Subdivre Surakarta dengan Fakultas Pertanian UNS terkait on farm kemitraan yang dilakukan Februari 2019 silam.

Di saat yang sama, Dirut Perum BULOG Bersama Rektor UNS melakukan panen perdana padi kerjasama on farm kemitraan BULOG Subdivre Surakarta dengan UNS seluas 2 ha yang terIetak di Ds. Makam Haji, Kec. Kartosuro, Kab. Kartosuro, Jawa Tengah. Traksasi kisaran produktivitas on farm kemitraan ini sebanyak 7 ton/ha. Gabah kering panen hasil on farm tersebut dibeli o|eh BULOG dengan harga Rp 4.070,-/kg (sesuai Harga Pembelian Pemerintah) dan akan diolah di Unit Pengolahan BULOG Grogol.

Dalam pelaksanaannya, on farm tersebut dilakukan di atas lahan milik UNS dengan menggunakan modal kerja dari Himbara dan melibatkan kelompok petani binaan UNS serta Perum BULOG selaku penyerap hasil panen (off taker). Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com