JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Cilacap Diguncang Gempa Bermagnitudo 5,5, Getaran Terasa Sampai Bandung

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wilayah Cilacap dan sekitarnya diguncang gempa tektonik bermagnitudo 5,7, Minggu (9/6/2019) sekitar pukul 16.32 WIB.

Akibat gempa tersebut, warga di Bogor dan Bandung pun ikut merasakan goyangannya selama beberapa detik.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono lewat keterangan pers menyebutkan, wilayah Samudera Hindia selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa ini berkekuatan M=5,7 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,68 LS dan 108,82 BT.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

“Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 107 kilometer arah selatan Kota Cilacap, Jawa Tengah pada kedalaman 64 kilometer,” ujarnya, Minggu (9/6/2010).

Gempa tergolong berkedalaman menengah. “Diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempang Eurasia,” kata dia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan lindu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Pangandaran, Cilacap, Ciamis, dan Kebumen dalam skala intensitas III MMI dan Bandung dalam skala intensitas II MMI.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

Skala itu menunjukkan benda ringan yang tergantung bergoyang hingga guncangan gempa terasa seperti truk yang lewat.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 16.47 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). BMKG minta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com