JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Geger Demo Pilkades Curang di Kantor Bupati, Sejumlah Perusuh Ditangkap Polisi 

Foto/Humas Polds
   
Foto/Humas Polds

KEBUMEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Demo dan aksi anarkis terjadi di kantor Bupati Kebumen. Massa menggeruduk kantor Bupati dan menuntut pemilu untuk diulang.

Massa yang semakin anarkis, petugas gabungan dari Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen serta Satpol PP melakukan tindakan terukur dan mendorong balik massa anarkis.

Sehingga masa yang semula melakukan aksi anarkis bisa segera dipukul mundur dengan melibatkan Dalmas gabungan TNI-POLRI dan Sat Pol PP.

Sejumlah pelaku anarkis yang diduga menjadi dalang atau provokator kerusuhan diamankan petugas dalam aksi itu.

Namun kerusuhan itu hanyalah adegan yang digambarkan dalam simulasi pengamanan Pilkades serentak di Kebumen.

Simulasi digelar di halaman Mapolres Kebumen dipimpin langsung Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, Rabu (19/06/2019).

Baca Juga :  Empat Pria Setengah Mabuk Aniaya Pemilik Café di Semarang Diringkus Polisi

Pada simulasi itu, pertama memperagakan panitia Pilkades mengecek bilik suara berserta kelengkapannya.

Selanjutnya calon Kades Desa Sidimundur, yang diperankan oleh personel Sat Reskrim Polres Kebumen juga dilibatkan dalam simulasi yang dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan Pemilu, tingkat desa itu.

Namun dalam pelaksanaan simulasi, situasi dibuat agak kurang kondusif.  Digambarkan suasana saat terjadi perbedaan pendapat tentang penghitungan suara, membuat situasi memanas oleh salah satu saksi calon Kades.

Selanjutnya sesuai Pasal 39 Perda 10 tahun 2016, tentang tugas panitia Pilkades, saksi yang membuat keributan diamankan Polri dan TNI yang melaksanakan tugas pengamanan.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

Setelah diamankan, penghitungan kembali dilanjutkan tanpa ada saksi dari salah satu pihak calon Kades.

“Simulasi ini dibuat sedemikian rupa, sehingga jika sewaktu-waktu menjumpai situasi semacam ini, para personel pengamanan mempunyai gambaran,” jelas AKBP Robertho Pardede saat mengambil apel gelar simulasi.

Situasi memanas dan berlanjut, ketika sekolompok orang membuat rusuh dan menganggap pelaksanaan Pilkades di Desa Sidimundur Kebumen penuh kecurangan.

“Kami berharap ini hanya simulasi saja. Pelaksanaan Pilkades di Kebumen akan berjalan dengan aman lancar dan kondusif. Ini hanya latihan, agar personel pengamanan mempunyai gambaran saat melaksanakan tugas pengamanan Pilkades,” jelas AKBP Robertho Pardede dilansir Tribratanews Polda Jateng. JSnews

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com