JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Gunung Lawu Bersuhu di Bawah Nol Derajat, Pendaki Diharap Bawa Peralatan Lengkap

Ilustrasi pendaki melintas di jalur pendakian Gunung Lawu, Jawa Tengah. Foto: Tempo.co 
   
Pendaki melintas di jalur pendakian Gunung Lawu, Jawa Tengah, 13 Oktober 2015. 30 hektar lahan hutan Gunung Lawu di Petak 63 N dan 63 S, Kabupaten Karanganyar habis terbakar. Tempo.co

MAGETAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam beberapa waktu terakhir suhu di di Hargo Dumilah gunung Lawu dikabarkan mencapai minus 5 derajat celcius. Menanggapi kondisi tersebut Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan Sekitarnya (KPH Lawu DS) mengimbau agar pendaki Gunung Lawu lebih waspada selama cuaca ekstrem.

“Jalur pendakian tidak ditutup dan kami menghimbau agar pendaki lebih hati-hati,” kata Humas Perum Perhutani KPH Lawu DS Arifin, Selasa (25/6/2019).

Menurut dia, imbauan itu disampaikan langsung oleh petugas loket kepada pendaki yang hendak naik ke Gunung lawu melalui jalur Cemoro Sewu di Kabupaten Magetan.

Baca Juga :  116 Laporan ke Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, TPN Ganjar-Mahfud Bawa 10 Boks Alat Bukti ke MK

Jalur Cemoro Sewu merupakan salah satu titik awal pendakian di wilayah Perum Perhutani KPH Lawu DS selain kawasan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. “Pengumuman imbauan segera dipasang di depan pintu masuk pos Cemoro Sewu,” ujar Arifin.

Kesiapsiagaan juga ditingkatkan oleh pihak terkait, seperti petugas Perum Perhutani, relawan Paguyuban Giri Lawu, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Magetan. Mereka bertugas membantu manakala ada pendaki yang mengalami masalah kesehatan saat cuaca ekstrem berlangsung.

Dua hari lalu, Arifin menuturkan, seorang pendaki pingsan lantaran cuaca ekstrem. Petugas gabungan mengevekuasi pendaki tersebut ke Pos Cemoro Sewu dan membantunya hingga siuman. Kondisi semacam ini menjadi perhatian di saat suhu dingin berlangsung.

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra berharap agar para pendaki membawa peralatan yang memadai dan obat-obatan yang dibutuhkan. Dengan demikian, ketika terjadi permasalahan kesehatan dapat melakukan pertolongan pertama.

Para pendaki juga diminta melapor saat datang dan pulang kepada petugas di pos jalur masuk pendakian. Musababnya, selain di wilayah Kabupaten Magetan dan Ngawi, pintu masuk ke rute pendakian Gunung Lawu dapat diakses melalui Cemoro Kandang dan Candi Cetho wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com