JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Indonesia Menjadi Negara Ke-4 yang Paling Optimis di Dunia

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   –  Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai negara yang paling optimis sedunia.

Hal itu terbaca dari rilis indeks keyakinan kobsumen (IKK) Indonesia kuartal I/2019 oleh
The Conference Board® GlobalConsumer Confidence™ Surve yang ,berkolaborasi dengan Nielsen.

Dalam rilisnya, Nielsen menjelaskan IKK ini dipengaruhi oleh tiga indikator, yaitu optimisme konsumen mengenai prospek lapangan kerja lokal, keadaan keuangan pribadi, dan keinginan untuk berbelanja, dalam 12 bulan ke depan. Bagi Indonesia, dua indikator pertama mengalami peningkatan pada kuartal I/2019.

Berdasarkan survei The COnference dan Nielsen itu, terlihat bahwa optimisme akan prospek lapangan kerja lokal meningkat menjadi 72 persen, dari sebelumnya 68 persen pada kuartal IV/2018.

Sementara terkait kondisi keuangan, 83 persen konsumen memiliki persepsi positif, meningkat dari 79 persen di kuartal sebelumnya. Namun, hanya 56 persen konsumen yang menyatakan bahwa 12 bulan ke depan adalah waktu yang baik untuk berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dan butuhkan.

Baca Juga :  Pengamat: Puan Maharani Jadi Pintu Masuk Prabowo Rangkul PDIP

“Indikator terakhir ini menurun dari 63% pada kuartal IV/2018,” papar Agus Nurudin, Managing Director Nielsen Indonesia, Senin (3/6/ 2019).

Secara global, IKK Indonesia stabil dengan hanya mengalami satu poin penurunan dari 107 menjadi 106. Artinya, konsumen cenderung mempertahankan belanja, namun lebih hati-hati di tengah kondisi ekonomi global yang melambat.

Menurut The Conference Board® Global Consumer Confidence™ Survey, berkolaborasi dengan Nielsen, 10 negara teroptimistis pada kuartal I/2019 adalah Filipina (133), India (132), Vietnam (129), Indonesia (125), Denmark (119), Malaysia (115), China (115), Uni Emirat Arab (113), Arab Saudi (112), Thailand (111).

Baca Juga :  Jimly Asshiddiqie Ajak Semua Pihak Move On dan Menerima Usai Putusan MK

Sentimen positif konsumen Indonesia akan stabilitas ekonomi membaik secara signifikan, dimana pada kuartal I/2019 hanya 51 persen konsumen online Indonesia yang berpendapat bahwa negara sedang berada dalam keadaan resesi ekonomi.

Sebelumnya pada kuartal IV/2018, tercatat bahwa terdapat 57 persen konsumen yang berpendapat bahwa negara sedang mengalami resesi ekonomi, dan 61 persen pada kuartal III/2018.

The Conference Board® Global Consumer Confidence Survey adalah survei Keyakinan Konsumen Global yang dilakukan Conference Board® bekerja sama dengan Nielsen.

Survei ini dilaksanakan pada Januari 2019 dan mensurvei lebih dari 32.000 konsumen online di 64 negara di seluruh Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin, Tengah Timur / Afrika dan Amerika Utara.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com