JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Kreasi Mahasiswa UMM: Cegah Penuaan dengan Kulit Semangka

tempo.co
   

MALANG – Ternyata, kulit semangka dengan proses tertentu dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini atau antiaging.

Hal itu, setidaknya ditunjukkan dari kreasi para Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka berhasil menciptakan formula mencegah penuaan berbentuk gel dari kulit semangka (citrullus lanatus).

“Kulit semangka mengandung senyawa likopen untuk peremajaan kulit,” kata koordinator mahasiswa UMM jurusan farmasi, Ardhea Fajarina Nugraheni, Senin (3/6/2019).

Formula ini diteliti oleh tiga mahasiswa. Ardhea dibantu Vika Amelia Safitri dan Kiki Vergianti Ayuningtyas serta didampingi dosen Siti Rofida. Formula ini menjadi salah satu penelitian mahasiswa UMM dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Mereka mendapat bantuan pendanaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebesar Rp 12,5 juta.

Seiring bertambahnya usia, katanya, kulit ikut menua. Namun senyawa likopen dan antiosianin berperan memperlambat proses penuaan.

Kulit semangka selain mengandung senyawa likopen, juga menutup pori-pori yang terbuka pada wajah. Selain itu juga bisa menangkap radikal bebas yang disebabkan paparan sinar matahari dan polusi.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

“Pemicu penuaan dini bisa dicegah dengan kulit semangka,” kata Ardhea.

Penelitian dilakukan mereka selalam lima bulan. Mulai pembuatan gel antiaging, pengujian mutu dan pengujian aktivitas antioksidan. Mereka berharap kulit semangka yang selama ini menjadi sampah bisa dimanfaatkan maksimal.

Mereka berharap hasil penelitian bisa memberikan manfaat luas serta didaftarkan untuk mendapat hak paten, kemudian bisa diproduksi massal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com