JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Lagi dan Lagi, Bambang Widjojanto Kena Tegur Hakim MK

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Lagi-lagi, Ketua Tim Hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto kena tegur Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Saldi Isra.

Momen itu terjadi saat sidang pemeriksaan saksi yang dihadirkan tim kuasa hukum Jokowi – Ma’ruf Amin di gedung MK, Jumat (21/6/2019).

Mulanya, hakim MK Manahan M.P. Sitompul tengah menanyai saksi Candra Irawan. Tiba-tiba, Saldi menyela dan menegur Bambang agar berpindah duduk ke kursi barisan belakang ketimbang dia atau timnya bolak-balik saling menghampiri di dalam ruang sidang.

“Pak Bambang, supaya Bapak tidak pindah-pindah mungkin pindah ke belakang saja kalau mau koordinasi. Ada yang berdiri-berdiri dalam ruang sidang kan tidak baik,” kata Saldi.

“Baik, semua pihak harus menaati aturan dan menghormati persidangan ini,” kata Manahan Sitompul.

Ini merupakan kali kesekian Bambang Widjojanto kena tegur oleh hakim. Dalam sidang Jumat, 14 Juni lalu, Bambang dan hakim juga berdebat soal jumlah saksi dan perlindungan saksi. Hakim menolak permintaan Bambang yang ingin menghadirkan 30 saksi.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

“Pak Bambang yang menentukan mana dari 30 yang besok (Rabu) kami akan ambil sumpahnya. Jangan diberikan beban itu kepada Mahkamah untuk menentukan. Tentukan sendiri berdasarkan dalil-dalil permohonan dan yang paling penting bagi Mahkamah adalah kualitas kesaksian, bukan kuantitas,” kata Saldi Isra, Jumat (14/6/2019).

Berikutnya, Bambang kena omel hakim MK Arief Hidayat lantaran memotong saat Arief sedang menanyai saksi dari pihak 02, Idham. Arief tengah menanyai posisi saksi saat pemilihan presiden 2019. Saksi pun mengaku dia tidak terlibat dalam tim pemenangan pasangan calon 02. Dia mengaku berada di kampung.

Namun Arief heran saat saksi mengatakan akan memberi keterangan tentang DPT seluruh Indonesia. Arief juga mempertanyakan kembali saat saksi mengatakan mendapat data DPT itu dari DPP Partai Gerindra.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

“Makanya saya tanya Anda persisnya apa di pemilu ini? Kalau Anda dari kampung mestinya yang Anda ketahui kan situasi di kampung itu bukan nasional kan,” kata Arief.

Bambang pun menginterupsi dialog Arief dengan saksi Idham. Dia meminta agar hakim mendengarkan terlebih dulu keterangan yang akan disampaikan saksinya.

“Majelis hakim mohon maaf, saya di kampung tapi saya bisa mengakses dunia dari kampung. Bapak sudah men-judge seakan-akan orang kampung tidak tahu apa-apa,” kata Bambang.

Arief menjelaskan kepada Bambang Widjojanto bahwa bukan begitu yang dia maksudkan. Namun, Bambang terus protes dan menilai Arief seperti menekan saksi yang dia hadirkan.

“Sudah Pak Bambang sekarang diam, saya akan dialog dengan dia. Kalau tidak setop Pak Bambang saya suruh keluar,” kata Arief di ruang sidang MK, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com