JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Menengok Kehebatan Desa Karangbangun di Karanganyar Yang Sukses Menjadi Desa Terbaik di Jawa Tengah. Singkirkan 7.809 Desa dari 35 Kabupaten 

Foto/Humas
   
Foto/Humas

KARANGBANGUN, JOGLOSEMARNEWS.COM Desa Karangbangun di Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar menorehkan prestasi membanggakan. Desa itu sukses menyingkirkan 7.809 desa se-Jawa Tengah untuk meraih predikat salah satu desa terbaik dalam lomba desa di Provinsi Jateng 2019.

Kiprah kelompok usaha mandiri dari kalangan ibu rumah tangga Desa Karangbangun, Jumapolo diyakini menyumbang nilai maksimal dalam evaluasi lomba desa tingkat Jawa Tengah. Desa Karangbangun saat ini bersaing dengan Desa Mlaten Kabupaten Demak dan Desa Jumo Kabupaten Temanggung untuk berebut gelar juara desa terbaik Jateng.

Desa Karangbangun sudah menang lomba desa tingkat kabupaten. Mengalahkan Desa Ngringo Kecamatan Jaten dan Desa Jeruksawit Kecamatan Gondangrejo. Di lomba desa tingkat Provinsi Jawa Tengah, Desa Karangbangun mengalahkan 7.809 desa. Ada tiga finalis desa se-Jateng yang nanti akan dipilih terbaik. Semoga Karangbangun pemenangnya,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan sambutan dalam penilaian lomba Desa Tingkat Propinsi Jawa Tengah di aula kantor Desa Karangbangun, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Terdapat puluhan UKM dari tujuh dusun di Desa Karangbangun, yang semuanya diinisiasi dan dikelola oleh kaum perempuan. Mereka bahkan memproduksi dan menjualnya secara mandiri.

Di halaman kantor desa, perempuan pelaku UKM memamerkan produknya seperti kue olahan singkong, keripik jagung, telur asin, beras organik, madu klaceng, jamu dan sebagainya.

Para pengusaha ini merintis usaha dari modal stimulan pemerintah maupun mandiri.

Kemudian, mengelola secara sempurna sanitasi total berbasis masyarakat (STBM). Dibangun sumur air dalam di daerah sulit air bersih itu, melalui pengelolaan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Ketua Tim Penilai Evaluasi Lomba Desa Provinsi Jawa Tengah, Joko Sulistyono mengatakan sejumlah bidang pengelolaan desa akan dikroscek. Seperti bidang keamanan, pendidikan, kependudukan, inovasi pemerintah, UKM, pemerintahan, mitigasi bencana dan sebagainya.

“Maksud dari evaluasi ini adalah menentukan status desa itu setelah mendapat program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, mengetahui tingkat kesejahteraannya. Ini diukur dari tahapan dan keberhasilannya, dari periode Januari-Desember 2018,” katanya.

Menurutnya tujuan sebenarnya bukan mencari yang terbaik. Tapi memberi contoh bagi desa-desa lain untuk bergerak maju. Desa pemenang lomba desa tingkat Jawa Tengah akan dilombakan di tingkat regional Jawa-Bali. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com