JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Open House, Warga Mengeluh Tak Boleh Ngobrol dengan Gubernur  Anies

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Open house yang digelar oleh seorang tokoh masyarakat, mestinya membuat akrab dan senang.

Namun, open house yang digelar Gubernur DKI,  Anies Baswedan memunculkan keluhan bagi  sebagian warga.

Warga Jakarta, Tiambun JR Simbolon misalnya, dia merasa ada yang berbeda di open house tahun ini.

Menurut dia, warga tak bisa berbicara dengan Anies sehingga hanya bersalaman. Untuk foto pun tidak diperbolehkan.

“Sekarang cuek. Tahun lalu masih bisa foto dan ngobrol,” kata Tiambun di rumah dinas Anies, Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2019).

Tiambun tidak diberitahu alasan yang jelas ihwal pembatasan itu. Petugas, papar dia, cuma menginformasikan aturan open house kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Wanita 36 tahun ini sudah dua kali menghadiri open house Anies.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Dari pantauan Tempo, petugas meminta warga untuk langsung berjalan menuju lokasi makanan usai menyalami Anies. Mereka yang ingin mendapatkan foto bisa mengunduhnya di bit.ly/OpenHouseGubDKI2019.

Informasi unduh foto itu ditempelkan di dua pilar teras belakang rumah dinas. Dalam pengumuman tersebut tertulis, foto warga bersama Anies dan istri difasilitasi oleh fotografer dan bisa diakses secara online.

Warga Kebayoran Lama, Herman, menilai open house merupakan kesempatan untuk mengenal lebih dekat sosok gubernur Jakarta. Apalagi Anies baru menjabat kurang dua tahun. Dia baru pertama kali menghadiri halalbihalal Anies.

“Selama ini cuma tau lewat surat kabar dan televisi. Baru pertama ketemu belum bisa akrab dan tadi enggak sempat ngobrol,” tutur pria 40 tahun ini.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Anies menjelaskan, pihaknya harus mempercepat pergerakan warga yang ingin bersalaman agar tak membuat antrean semakin panjang. Dia berujar tak mudah untuk mengatur orang yang jumlahnya banyak.

“Jadi memang kalau halal bihalal otomatis serba cepat ya,” ucap Anies. “Tapi insyaallah silaturahmi bisa kapan saja cuma pas halalbihalal lebih cepat,” lanjut dia.

Kemarin warga Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Di hari pertama Lebaran 2019 ini, Anies dan keluarga terlebih dulu menjalankan Salat Ied di halaman Balai Kota.

Setelah itu dia silaturahmi ke Istana menghadiri open house Presiden RI Joko Widodo dan beberapa lokasi lain. Anies lalu membuka rumah dinasnya untuk silaturahmi dengan warga pukul 15.00-18.00 WIB.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com