JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Perpustakaan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Meraih Akreditasi A

Perpustakaan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat . Istimewa
   
 Perpustakaan SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta meraih predikat perpustakaan terakreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Perpustakaan SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta meraih predikat perpustakaan terakreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan.

Sertifikat tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Kota Surakarta, Sis Ismiyati kepada Kepala Sekolah, Muhdiyatmoko pada Jumat (28/6)/2019), di Arpusda Kota Surakarta.

Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah PK Kota Surakarta menjelaskan bahwa proses akreditasi sudah dilaksanakan pada Kamis (21/3/2019).

“Visitasi akreditasi dari Tim Asesor Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Bambang Supriyo Utomo, Dra. Zumiaty Nasrul, MLS didampingi Suparsi, Pusat Arsip dan Perpustakaan (ARPUSDA) Kota Surakarta sudah dilakukan,” beber Aryanto kepada media.

Sementara itu, Restuning Kinasih Palupi selaku petugas perpustakaan menyampaikan bahwa perpustakaan yang ia kelola menjadi salah satu peserta dari 10 perpustakaan dari tingkat SD hingga perguruan tinggi di kota Surakarta yang diakreditasi tahun ini.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

“Menyikapi penilaian tersebut, kami mempersiapkan dengan membentuk tim akreditasi yang terdiri dari enam instrumen kemudian melakukan pengecekan dan berupaya melengkapi,” ungkapnya.

Restu pun menambahkan bahwa penilaian perpustakaan berdasarkan instrumen akreditasi yang sudah berlaku secara nasional. Hal tersebut seperti koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggara dan pengelolaan, dan komponen penguat kinerja (inovasi dan prestasi).

Berdasarkan keunggulan-keunggulan yang dimiliki perpustakaan seperti pengelolaan dan pelayanan sudah bergerak secara automasi (sistem digital), koleksi e-book yang sudah bisa diakses melalui website sekolah, ruang baca nyaman, dan fasilitas multimedia. Selain itu, perpustakaan sekolah pun menjadi juara tiga lomba perpustakaan sekolah tingkat kota Surakarta tahun 2018. Restu pun yakin bahwa akreditasi kali ini bisa mendapat nilai yang terbaik.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Visitasi berlangsung dalam beberapa tahapan seperti kunjungan sarana prasarana dan verifikasi data setiap butir komponen. Enam komponen yang diverifikasi meliputi koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggara dan pengelolaan, serta komponen penguatan kinerja. Setiap komponen tersebut terdapat butir-butir instrument yang diverifikasi Tim Asesor.

Muhdiyatmoko selaku Kepala Sekolah menyampaikan terima kasih kepada ustaz dan ustazah yang tergabung dalam tim akreditasi karena terlah mengikhtiarkan seratus persen untuk sukses dalam akreditasi perpustakaan kali ini. Ia pun mengharapkan bahwa nilai akreditasi A menjadi pemacu semangat untuk selalu berupaya meningkatkan budaya literasi sekolah.

“Harapannya perpustakaan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa. Siswa senang untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat menambah khazanah keilmuan. Hal yang mendasar, kami ingin perpustakaan sebagai jantung sekolah,” tandasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com