JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Sebelum Mudik, Ribuan Warga Jateng Upacara Hari Lahir Pancasila di TMII

   
Humas Pemprov Jateng

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebelum bertolak dari Jakarta, ribuan pemudik asal Jawa Tengah melakukan upacara bendera memeringati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2019) di lapangan parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta. Upacara berlangsung santai namun khidmat, bahkan ada yang mengaku baru kali ini mengikuti upacara bendera setelah dua puluh tahun lebih tidak turut serta.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang terjun langsung sebagai pembina upacara mengagumi kesederhanaan berlangsungnya pelaksanaan upacara. Warna-warni sikap, gaya hingga tampilan masyarakat saat upacara menurut Ganjar jadi bukti keberagaman tanah air.

“Bahkan tadi ada yang bilang sudah 20 tahun tidak ikut upacara bendera. Inikah luar biasa. Tadi dikasih aba-aba siap, malah leyeh-leyeh, diaba-aba istirahat di tempat malah jongkok. Tidak apa-apa, itulah cara mereka membuktikan kecintaan mereka kepada negara dan Pancasila,” katanya.

Humas Pemprov Jateng

Ganjar Pranowo mengatakan di manapun tempat dan kondisinya semua warga negara Indonesia wajib mencintai Pancasila. Sebagai salah satu bukti cinta itu, meskipun hari ini bakal mudik ke Jawa Tengah tapi tetap melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Inilah cara rakyat upacara memperingati hari Lahir Pancasila. Kita tidak peduli di manapun berada, kita buktikan kita mencintai Pancasila. Tidak peduli di gedung-gedung, di perkantoran tapi mau mudik pun kita merayakan hari lahir Pancasila. Inilah wong Jawa Tengah, jos gandos. Ketemu penjajah tidak, tinggal menikmati kemerdekaan dan merawat. Ketemu Londo tidak, cuma ketemu bule. Ketemu Jepang juga tidak, cuma naiki motornya,” katanya.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

Mulanya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila mestinya dilakukan seluruh instansi pemerintahan berdasarkan surat edaran dari Mendagri. Namun Ganjar memilih untuk melaksanakan upacara bendera bersama ribuan pemudik asal Jateng di Jakarta.

“Saya juga telah bilang sama Mendagri saya akan upacara bareng pemudik, bareng rakyat yang mau pulang kampung. Karena bertepatan mau melepas pemudik,” katanya.

Humas Pemprov Jateng

Panasnya saat upacara, kata Ganjar, sangat tidak seberapa rasanya jika dibanding dengan perjuangan para pendiri bangsa. Menurut Ganjar dengan memahami perjuangan dan penderitaan para pejuang, semangat persatuan bernegara akan semakin bermekaran.

“Kita semua yang akan mempertahankan selamanya, tidak ada seorang pun yang boleh dan bisa merobek-robek. Siap membela NKRI? Sampeyan bisa dipecah belah? Kita harus menghormati pendiri bangsa yang susah payah telah melahirkan Indonesia dan kita bisa menikmati itu,” katanya.

Yang penting, kata Ganjar tetap cinta Indonesia dan cinta Pancasila. Rasa cinta itu menurut Ganjar mampu mengalahkan rasa apapun. Memeringati dan merayakan hari lahir Pancasila pada 1 Juni, kata Ganjar adalah sebuah keniscayaan karena para pendiri bangsa telah berhasil menggali fundamental bangsa ini.

Baca Juga :  Pabrik Pil Koplo Beromzet Triliunan Rupiah di Semarang Digerebek BPOM

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Mudik ini ada cerminan gotong royong, semua membantu semua gotong royong. Semua mrenges Kabeh,
Yang kemarin beda ayo dirangkul Ira usah do padu, ora usah caci maki. Yang beda pilihan sudah selesai, sudah saatnya kembali bersatu. Mari kita amalkan seluruh spirit Pancasila,” katanya.

Sebagian besar para pemudik yang ikut upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila itu memang mrenges, dibuat menyeringai karena canda serta semangat yang ditebarkan oleh Ganjar. Ali Khomsun, salah satunya. Dia pemudik asal Banyumas yang membawa istri dan dua anaknya yang mengaku sudah dua puluh tahun lebih tidak ikut upacara bendera.

“Ini karena memeringati hari lahir Pancasila ya harus mematuhi kewajibannya untuk menghormati Pancasila. Bisa menunjukkan kebangsaan. Menskipun mencintai itu hak individu, tapi kalau mencintai negara dan Pancasila jadi kewajiban warga negara. Kalau saya memang dua puluh tahun lebih tidak ikut upacara, rasanya ini senang dan gimana gitu, apalagi tadi ada nyanyi Garuda Pancasila,” katanya. Humas Pemprov Jateng

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com