JOGLOSEMARNEWS.COM Market

Sido Muncul Selenggarakan Mudik Gratis ke-30, Diikuti 12.000 Pemudik dengan 189 Bus

Direktur Diso Muncul, Irwan Hidayat (kanan) saat melepas pemudik. Foto Dok
   
Direktur Diso Muncul, Irwan Hidayat (kanan) saat melepas pemudik. Foto Dok

JAKARTA (JOGLOSEMARNEWS.COM )-PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pedagang jamu se-Jabodetabek. Pada mudik gratis kali ini, Sido Muncul memberangkatkan 12.000 pemudik menggunakan 189 bus.

Sebanyak 115 bus siap diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Kamis (30/5/2019) lalu. Sedangkan bus lainnya diberangkatkan dari Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek, dan Bandung menjelang Idul Fitri.

“Sudah 30 kali mengadakan Mudik Gratis adalah sebuah mujizat bagi Sido Muncul. Kami sangat bersyukur setiap tahunnya bisa memberikan mudik gratis kepada para pedagang jamu, pedagang asongan, dan PRT. Bahkan sejak 1991 hingga saat ini, Sido Muncul telah memudikkan 360.400 orang ke kampung halaman. Kami senang bisa melihat antusiasme dan kebahagiaan para pemudik untuk pulang ke kampung halaman,” jelas Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat saat melepas para peserta mudik gratis.

 

Sebagaimana siaran pers yang dterima redaksi Joglosemarnews, keberangkatan para pemudik dari Jakarta ini dilepas oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Pembinaan

Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Haiyani Rumondang, Direktur Registrasi Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pragara, Walikota Jakarta Timur M Anwar, Keluarga Hatta, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan jajaran direksi Sido Muncul.

 

Irwan Hidayat saat berdialog dengan peserta Mudik Gratis.

Irwan juga menambahkan, para pemudik diberangkatkan ke delapan kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul.

“Untuk tahun ini, jumlah pemudik yang ikut berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Hal dikarenakan ekonomi para pedagang jamu yang semakin membaik. Di samping itu, saat ini banyak perusahaan atau institusi yang juga menyelenggarakan mudik secara gratis.”

Mudik gratis Sido Muncul pertama kali dilaksanakan di Lapangan Parkir Timur Senayan dengan menggunakan 17 bus diikuti oleh 1.200 pedagang jamu. Namun, beberapa tahun terakhir peserta mudik bukan hanya para pedagang jamu ataupun jamu gendong, tetapi juga para pedagang asongan, dan pembantu rumah tangga.

Penyelenggaraan Mudik Gratis Sido Muncul ini merupakan ide dari Jonatha Sofjan Hidajat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Sido Muncul. Pada awalnya, selama tiga tahun dari 1991 sampai 1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana.

Pada 1994, Sido Muncul mulai menyelenggarakan Mudik Gratis secara terkonsep dan optimal dengan memberikan hiburan bagi para pemudik, mempromosikan produk-produk Sido Muncul pada bus, mengundang pejabat untuk melepas keberangkatan, serta mempublikasikan kegiatan mudik gratis dengan pedagang jamu.(Syahirul)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com