JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Siswa Al Firdaus Juarai Lomba Dongeng se-Provinsi Jawa Tengah

Muhammad Tides Al Kautsar, siswa kelas 4 SD Al Firdaus menjadi Juara I Kategori Dongeng dalam Festival & Lomba Literasi dalam Jaringan (Daring) pada Sekolah Inklusi dan Literasi ABK pada SLB Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Foto: Dok SD Al Firdaus
   
Muhammad Tides Al Kautsar, siswa kelas 4 SD Al Firdaus menjadi Juara I Kategori Dongeng dalam Festival & Lomba Literasi dalam Jaringan (Daring) pada Sekolah Inklusi dan Literasi ABK pada SLB Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah. Foto: Dok SD Al Firdaus

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anak didik Al Firdaus World Class Islamic School kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada tahun ini, siswa berkebutuhan khusus dari SD Al Firdaus kembali menjadi Juara I Kategori Dongeng dalam Festival & Lomba Literasi dalam Jaringan (Daring) pada Sekolah Inklusi dan Literasi ABK pada SLB Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Muhammad Tides Al Kautsar, siswa kelas 4 SD Al Firdaus tersebut membawa gelar juara pada lomba yang diselenggarakan di Hotel Loji, Surakarta, pada 25 – 27 Juni 2019 tersebut dan siap mewakili Jawa Tengah di kompetisi serupa di tingkat Nasional. Tides menjadi juara setelah membawakan dongeng jenaka berjudul “Nasrudin Hoja: Sang Guru dan Keledai” yang dibuatnya bersama guru pembimbing dari Al Firdaus.

Guru pembimbing Tides, Erma Alfiana, menjelaskan Tides menjadi juara karena keunikannya dalam bercerita yang penuh ekspresi baik di depan kamera maupun di depan para juri. “Pada lomba daring ini, para peserta mengirimkan video mendongeng dan kemudian mengulang kembali dongengnya di depan para juri. Tides benar-benar percaya diri dan bercerita dengan durasi yang pas atau tidak melewati waktu yang diberikan juri,” jelas Erma, Kamis (27/6/2019).

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Ia menjelaskan Al Firdaus menjadi salah satu dari dua sekolah yang ditunjuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surakarta untuk mewakili Kota Surakarta dalam kompetisi ini. Sementara itu, Ananda Tides yang merupakan siswa penyandang autism tersebut baru pertama kali mengikuti perlombaan mewakili sekolah. “Tides dulunya merupakan anak didik yang pemalu namun kini ia sangat percaya diri dan perkembangan kepercayaan dirinya sangat cepat. Ia pun cepat akrab dengan teman-teman barunya di lomba ini,” paparnya.

Persiapan menghadapi kejuaraan ini pun dilakukan dengan sangat cepat untuk mempersiapkan Tides di perlombaan di tingkat Jawa Tengah. “Kami memiliki waktu satu pekan untuk persiapan menghafal narasi dan berlatih ekspresi. Tides bersama guru dan orangtua mempersiapkan kostum ala Turki serta alat-alat peraga untuk mendukung tampilannya. Alhamdulillah, hasil yang didapatkan sangat baik bagi Tides dan sekolah,” kata guru SD Al Firdaus ini.

Baca Juga :  UMS Launching SDGs Center

Sementara itu, hasil gemilang lain didapatkan oleh siswa SMP Al Firdaus. Siswa kelas 8 bernama Ulil Amri Muhammad menjadi Juara 2 di kategori desain grafis di Festival & Lomba Literasi dalam Jaringan (Daring) pada Sekolah Inklusi dan Literasi ABK pada SLB Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019.

Guru pembimbing Amri dari Al Firdaus, Eko Setiawan, menjelaskan Amri membuat karya poster kampanye menjaga kebersihan. Siswa penyandang tuna grahita tersebut juga mengulang prestasi Al Firdaus di tahun lalu yang berhasil menjadi juara kedua di kompetisi serupa di tingkat Jawa Tengah. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com