JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Siswa Dari 8 Kecamatan Ini Masuk Zona dan Bisa Diterima di SMAN 1 Sragen. Jalur Prestasi Dalam Zona Berpeluang Ditambah 20 % 

Logo SMAN 1 Sragen. Foto/Wardogo
   
Logo SMAN 1 Sragen. Foto/Wardogo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak delapan kecamatan di wilayah Sragen masuk dalam zona reguler untuk bisa mendaftar di SMAN 1 Sragen. Sementara peluang siswa berprestasi untuk bisa diterima di SMAN terfavorit di Sragen itu makin terbuka menyusul kabar tambahan kuota 20 % untuk pendaftar dari jalur prestasi dalam zona.

Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati mengatakan delapan kecamatan itu masing-masing Kecamatan Sragen, Ngrampal, Kedawung, Karangmalang, Sambirejo, Masaran dan Gesi.

Siswa di delapan kecamatan itu akan disediakan kuota 90 % dengan prioritas diterima berdasarkan jarak yang paling dekat dengan sekolah. Namun, kabar terbaru, bocoran dapat dari MKKS dan Dinas Provinsi bakal menyediakan kuota jalur prestasi di dalam zona dengan kuota 20 % dari kuota 90 % itu.

“Kepastian kuota 20 % jalur prestasi dalam zona itu juga sudah dishare dari MKKS. Ini tentu sesuatu yang bagus untuk wali murid dan siswa yang pandai dan rumahnya agak jauh dari sekolah tapi masih masuk dalam zona reguler.Mereka bisa mendaftar di jalur ini dan nanti bersaing dari nilainya. Sedangkan yang dalam zona berdasarkan kedekatan jarak kuotanya 70 %,” papar Beti kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (20/6/2019).

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak Usai Isi Dexlite di Sragen, SPBU Jetak Minta Maaf dan Pastikan Bukan Abal-abal, Melainkan...

Ia menguraikan jalur 20 % itu diberikan untuk mengakomodasi siswa yang nilainya bagus dan dekat dengan sekolah lain, namun ingin mendaftar sekolah lain yang masih dalam zona.

Misalnya siswa dari Masaran, secara jarak lebih dekat untuk diterima di SMAN 2 atau 3 Sragen, namun ternyata ingin bersekolah di SMAN 1 Sragen.

“Nanti mereka bersaing secara nilai dengan calon siswa di dalam zona. Karena faktanya masih banyak orangtua yang anaknya nilainya bagus dan pingin sekolah di SMAN 1 Sragen. Ada yang datang ke sekolah ada yang tanya via WA,” terangnya.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu
Beti Marga Sulistyawati. Foto/Wardoyo

Untuk SMAN 1 Sragen, kuota 70 % disediakan bagi siswa yang paling dekat dengan sekolah. Karena lokasinya di wilayah Sragen Wetan, siswa yang prioritas mengisi kuota 70 % itu adalah yang di wilayah Kelurahan Sragen Wetan lalu meluas ke wilayah terdekatnya.

“Untuk 10  % sisanya dibagi untuk jalur prestasi dari siswa luar zona sebanyak 5  % dan 5 % sisanya untuk jalur perpindahan tugas orangtua,” terang Beti.

Ditambahkan Beti, untuk kuota SMAN 1 Sragen kuota kursi yang tersedia 396 kursi. Kuota itu merupakan akumulasi dari 11 rombel atau kelas dengan masing-masing kelas 36 siswa. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com