JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ternyata Daftar Tunggu Haji Bisa Sampai 33 Tahun

Ilustrasi Bimbingan manasik haji Wonogiri.
   
Bimbingan manasik haji Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ratusan calon jamaah haji (calhaj) Wonogiri mengikuti bimbingan manasik haji, di komplek GOR Girimandala, Selasa (18/6/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa, Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, Kasubag Hukum Ipda Mujiyo, Panitia Penyelenggara Heru Budi Santosa, Kepala Kantor Kemenag Musta’in Ahmad, Kabag Kesra Mubarok.

Heru menyampaikan laporan untuk jumlah peserta sebanyak 355 jamaah. Terdiri dari 167 calon haji laki-laki dan 188 jamaah calon haji perempuan. Pemberangkatan jamaah haji dari Kabupaten Wonogiri terdiri dari 2 kloter yakni kloter 4 sekitar105 jamaah dan kloter 5 sebanyak 250 jamaah calon haji.

Baca Juga :  Resep Opor Ayam Gurih, Hidangan Istimewa untuk Lebaran 2024

“Untuk pemberangkatan kloter 4 tanggal 6 Juli dan kloter 5 pada tanggal 7 Juli 2019,” kata dia.

Plt Kepala Kantor Kemenag Musta’in Ahmad, menuturkan ada kewajiban pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat dalam hal ini jamaah calon haji. Punya kepentingan untuk bisa melaksanakan supaya pelaksanaan ibadah haji bisa berhasil.

“Kalau sekarang berangkat haji dipastikan bisa berangkat haji lagi 33 tahun yang akan datang, untuk itu sekalinya berangkat berhaji harus berhasil,” sebut dia.

Sementara itu Wakil Bupati menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji. Yaitu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji, agar sekembalinya nanti mampu meraih gelar haji yang mabrur.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas Iman, ilmu dan amal saleh secara individual maupun secara sosial. Arti dari kedua dimensi ini, setiap umat Islam yang telah menunaikan ibadah haji hendaknya mampu menyeimbangkan antara kesalehan secara pribadi dan kesalehan dalam masyarakat dan hubungan sosial.

“Masih banyak di antara saudara-saudara kita yang masih tertunda keberangkatannya karena berbagai hal, oleh karenanya agar semua dapat menyiapkan diri sebaik-baiknya, persiapan fisik, mental dan tata cara pelaksanaan haji,” kata Wabup. Haryanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com