JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS jadi Tuan Rumah Forum SPI PTN se-Indonesia

   
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah Workshop Program Kerja Audit Berbasis Risiko yang diselenggarakan oleh Forum Satuan Pengawasan Internal Perguruan Tinggi Negeri (SPI PTN) se Indonesia, pada 26-28 Juni 2019. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah Workshop Program Kerja Audit Berbasis Risiko yang diselenggarakan oleh Forum Satuan Pengawasan Internal Perguruan Tinggi Negeri (SPI PTN) se Indonesia. Sebanyak 110 anggota Forum SPI dari 60 PTN se Indonesia hadir dalam workshop yang diselenggarakan selama tiga hari mulai 26-28 Juni 2019.

Ketua SPI PTN, Dr. Witarsa mengatakan, diselenggarakan workshop ini untuk merealisasikan tujuan pengawasan internal agar hasil audit BPK terhadap Itjen Kemenristek Dikti yang menyatakan WTP dapat dipertahankan.

“Pengawasan internal di PTN penting karena risiko dalam pengelolaan PTN semakin besar. Peranan SPI PTN akan menentukan kelancaran audit BPK sehingga predikat WTP dari BPK untuk Kemenristekdikti akan dapat dipertahankan,” terang Witarsa di sela-sela acara Pembukaan Forum SPI PTN se Indonesia di Auditorium UNS, Rabu (26/6/2019).

Lanjut Witarsa, Workshop SPI PTN tersebut sangat dibutuhkan untuk menyamakan program kerja dalam penyusunan rencana pengawasan tahunan didasarkan atas prinsip keserasian, keterpaduan, menghindari tumpang tindih dan pemeriksaan yang berulang-ulang. Selain itu, program kerja SPI PTN dapat efisien dan efektif dalam penggunaan sumber daya, sesuai rencana strategis yang berisi visi, misi, tujuan, strategi, program, dan kegiatan SPI selama lima tahun.

Sementara itu, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho, dalam sambutannya mengatakan SPI merupakan pengawal kebijakan rektor di kampus. SPI PTN dia sebut sebagai orang kepercayaan yang mengawal kebijakan Rektor, harus tetap menjaga integritas dan profesional dalam menjalankan tugas.
“SPI harus terus belajar sambil bekerja, jangan sampai ada yang menyatakan sebagai pengawas belum tahu tugasnya,” kata Prof Jamal. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com