JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Waspada Empat Penyakit di Musim Pancaroba, Bisa Lakukan Cara Sederhana Ini Agar Tak Mudah Terserang

Ilustrasi lari pagi. pexels
   
Ilustrasi lari pagi. pexels

KAJEN, JOGLOSEMARNEWS.COM — Beberapa penyakit yang biasa muncul saat musim pancaroba adalah flu, demam berdarah, asma, maupun diare.  Saat musim pancaroba ini daya tubuh seseorang rentan terhadap beberapa penyakit.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupeten Pekalongan mengimbau warga waspadai beberapa gangguan kesehatan.

Kepala Dinkes Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwi Antoro mengatakan  pihaknya mengimbau agar daya tahan fisik terus dijaga, rajin berolah raga, dan makan serta minum yang cukup.

“Pada musim pancaroba cuaca menjadi tidak menentu. Seperti cerah dan panas di pagi hari namun menjadi berangin dan juga disertai hujan di sore hari. Kondisi ini rentan bagi kesehatan. Suhu udara yang bergerak secara cepat menjadi lembap atau dingin dapat memudahkan virus dan bakteri berkembang cepat,” kata Setiawan Dwi Antoro saat ditemui Tribunjateng.com di kantornya, Jumat (28/6/2019).

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Wawan mengungkapkan dalam situasi seperti ini hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan.

Di antaranya yaitu tidur dan istirahat yang cukup, makan, dan minum yang cukup.

“Kondisi pancaroba, daya tahan tubuh seseorang tentunya berbeda-beda. Di daerah yang dingin bisa pakai selimut, silakan disesuaikan dengan situasi. Sehingga, tubuh bisa beradaptasi dengan situasi sekarang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Pihaknya mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan, untuk menjaga kondisi badan terlebih nanti akan memasuki musim kemarau.

“Antisipasi untuk penyakit Ispa dengan perbanyak minum air, memakai masker jika melewati wilayah berdebu dan jika telah terjangkit bakteri segera berkonsultasi ke pusat kesehatan setempat,” tambahnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com