JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

900 Investor Solo Raya Ikuti Gathering BEI dengan Tema Smart Traders Not Gamblers

Sebanyak 900 Investor Saham Solo Raya mengikuti kegiatan investor gathering Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Solo bersama Ellen May Institute, Jumat (26/7/2019), di Hotel Solo Paragon. Triawati
   
Sebanyak 900 Investor Saham Solo Raya mengikuti kegiatan investor gathering Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Solo bersama Ellen May Institute, Jumat (26/7/2019), di Hotel Solo Paragon. Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 900 Investor Saham Solo Raya mengikuti kegiatan investor gathering Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Solo bersama Ellen May Institute, Jumat (26/7/2019), di Hotel Solo Paragon. Kegiatan bertemakan Smart Traders Not Gamblers” tersebut diikuti i vestor dari berbagai kalangan, tidak pandang usia dan profesi.

Hadit sebagai narasumber dalam gathering, seorang pakar saham nasional Ellen May yang memaparkan strategi Smart Traders Not Gamblers. Acara yang dimulai pukul 18:00 hingga 21:00 WIB tersebut berjalan lancar dengan interaksi peserta yang antusias. “Saya tidak menyangka bakal sebanyak ini,” kata Ellen May kemarin. Ia merasa takjub ternyata investor Solo sangat antusias dan pihaknya bakal menggelar kegiatan serupa kedepannya.

Dalam pemaparannya Ellen May memberikan beberapa strategi investasi dan trading di pasar modal yang benar. “Banyak orang trading saham karena ikut ikutan. Tidak mempelajari strateginya,” katanya.

Ellen May memberikan rumus bagi para investor agar bisa sukses di pasar modal yaitu 5 Golden Rules. Apa itu Five Golden Rules? Pertama, Start small. Mulailah berinvestasi walaupun kecil. Sekecil senyaman kita, sehingga kalau harga saham turun tidak panik, kalau naik tidak euphoria. Kedua, tentukan exposure. Exposure artibya berapa % uang di portofolio boleh ditransaksikan tergantung dari trend general pasar saham saat ini.

Ketiga, tentukan total risiko yang bisa ditanggung. Berapa rupiah maksimal kerugian yang boleh terjadi. Jika total kerugian pada beberapa kali transaksi melebihi angka tersebut, sebaiknya berhenti bertraksaksi dulu untuk mengevaluasi diri. Keempat tentukan jumlah saham yang mau dibeli. Sebaiknya 5 saham dan maksimal 10 saham. Jangan terlalu sedikit supaya tidak terlalu concentrated (kalau untung jadi sangat besar, kalau rugi juga jadi besar). Kelima, tahu timing beli saham, dan tahu menentukan stop loss.

“Kuncinya adalah disiplin pada 5 Golden Rules,” urai Ellen.

Investor pasar modal, lanjut Ellen May terbagi atas dua jenis investor yaitu investor institusi dan investor ritel. Investor institusi adalah investor koorporasi dengan dana yang sangat besar (ratusan miliar hingga trilyunan) sedangkan investor ritel adalah investor perorangan.“Kelebihan bagi investor ritel seperti kita kita ini adalah bisa dengan lincah mengambil keputusan, karena modal kecil bisa masuk di saham yang likuiditasnya kecil pula.”katanya.

Sementara itu, Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Solo M. Wira Adibrata mengaku merinding melihat peserta begitu banyak yang datang dari berbagai daerah. “Apresiasi untuk team Ellen May Institute atas terselenggaranya temu investor Solo Raya ini. Ini energi baru bagi kami dan investor Solo, khususnya para pemula agar bisa menyusun strategi berinvestasinya dengan benar,” paparnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cabang Solo. Ketua OJK Solo yang diwakili oleh Bapak Tito Aji Siswantoro dalam sambutannya mengatakan kegiatan temu investor selayaknya sering diselenggarakan untuk memberikan edukasi secara berkelanjutan kepada para investor. “Kami sangat mengapresiasi kegiatan Ellen May Institute dan IDX Solo. Kegiatan ini lanjutan dari inklusi menjadi aktivasi. Lebih sering diselenngarakan semakin baik untuk menambah ilmu bagi investor khususnya Solo Raya,” tukas Tito. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com