JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alhamdulillah. Sisa Air Wudu Buat Kolam Lele di SMAN 1 Manyaran Wonogiri. Akhirnya Bisa Panen Lele, Cabai Juga Loh

Panen lele di SMAN 1 Manyaran Wonogiri
   
Panen lele di SMAN 1 Manyaran Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Kiprah SMAN 1 Manyaran Wonogiri ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak? melalui program sekolah Adiwiyata, mampu mengolah sumber daya yang dimiliki hingga bermanfaat bagi warga sekolah.

Hal itu dibuktikan melalui panen lele dan cabai, Jumat (19/7/2019) di kolam dan kebun sekolah.

Kepala SMAN 1 Manyaran, Suprapto, menerangkan, panen lele ini merupakan program Adiwiyata dengan pemanfaatan sisa air wudhu. Air ditampung untuk budidaya lele. Ada dua kolam lele berukuran 2×3 meter.

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Panen lele ini untuk kedua kalinya. Panen lele pertama dengan bibit 400 lele digunakan untuk konsumsi acara halal bi halal beberapa waktu lalu. Sedangkan hari ini tahap dua dengan 250 bibit lele untuk program Jumat kenyang,” terang dia.

Setelah dipanen, lele dimasak bersama oleh setiap kelas dan masing-masing anggota Perpegak (Perkemahan Penegak). Bapak dan ibu guru juga memasak untuk konsumsi bersama.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Bukan hanya buat tempat hidup lele, air dari kolam digunakan pula menyirami tanaman sayuran dan tanaman lainnya.

“Selain panen lele, kami juga panen cabai jadi tidak usah beli untuk sambalnya. Apalagi kalau membeli saat ini harga cabai mahal,” tutur dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com