JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Amien Rais Ajak Prabowo untuk Tak Bergabung di Pemerintahan Jokowi

Amien Rais / tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional mengajak Prabowo Subianto untuk tidak bergabung ke pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Sebaliknya, dia berpendapat agar presiden-wakil presiden terpilih itu diberi kesempatan menjalankan pemerintahan secara utuh.

“Soal kekuasaan berikan kesempatan yang utuh ke Jokowi dan Ma’ruf Amin dengan menterinya, nanti lima tahun kita awasi,” kata Amien di Jalan Daksa I Nomor 10, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/ 2019).

Hal itu disampaikan Amien sekaligus menanggapi pertemuan Jokowi dan Prabowo yang berlangsung Sabtu pekan lalu, 13 Juli 2019.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Menurut Amien, dia sepakat pertemuan itu menjadi rekonsiliasi antara dua kubu yang berkontestasi di pemilihan presiden 2019, asalkan tidak menjadi ajang bagi-bagi kekuasaan.

Amien juga mewanti-wanti Prabowo untuk tak tergiur dengan tawaran jabatan apa pun dari kubu Jokowi. Dia beralasan demokrasi tetap memerlukan oposisi sebagai pengawas dan penyeimbang.

Amien Rais pun mengisyaratkan agar Prabowo tetap menjadi oposisi di parlemen. Sebab menurut dia, legislatiflah yang harus mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah nantinya.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

“Kalau parlemen sebagian besar sudah jadi tukang cap stampel atau juru bicaranya eksekutif itu artinya lonceng kematian bagi demokrasi,” kata politikus senior ini.

Prabowo dan Jokowi bertemu pada Sabtu pekan lalu, 13 Juli 2019. Dalam pertemuan, keduanya menyatakan bahwa pilpres sudah rampung dan kini saatnya merajut persatuan.

Namun sejumlah pendukung Prabowo menyatakan kekecewaan. Mereka menganggap Prabowo bakal bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi dan mendapatkan posisi-posisi tertentu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com