JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Antisipasi Kekerasan Seksual, Gojek Siapkan Satgas 24 Jam

tempo.co
   

MALANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk mengantisipasi maupun melacak korban kekerasan dan pelecehan seksual bagi mitra dan pelanggannya, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) menyiagakan satuan tugas (Satgas) 24 jam.

Pasalnya, pelanggan dan mitra Gojek berpotensi menjadi korban pelecehan hingga kekerasan seksual di ruang publik.

“Satgas akan langsung mendatangi korban, 24 jam,” kata Head of Regional Corporate Affairs East Java Gojek, Alfianto Domy Aji di Malang, Kamis (25/7/2019).

Gojek juga akan membantu pemulihan fisik dan pendampingan psikis korban. Sedangkan, jika masuk ranah pidana Gojek akan menyediakan bantuan hukum untuk para korban.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

Selain itu, Gojek menyediakan fitur keamanan, di aplikasi berupa tombol darurat dan bagikan perjalanan. Tombol darurat terhubung langsung ke satgas untuk segera mendapat bantuan.

“Pengguna juga bisa membagikan informasi perjalanan kepada kerabat. Sehingga posisinya bisa dilacak,” ujarnya.

Fasilitas itu diberikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pelanggan Gojek terhadap tindak kejahatan yakni pelecehan kekerasan seksual.

“Pelanggan terbanyak perempuan. Juga ada perempuan tangguh yang menjadi mitra, berpotensi menjadi korban,” katanya.

Jika ada mitra yang menjadi pelaku kekerasan seksual, kata Dommy, tak ada ampun jika terbukti mereka akan ditindak dengan sanksi putus mitra..Sedangkan jika masuk kategori pidana, manajemen tak segan melaporkan ke polisi.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Gojek menggandeng Hollaback! Jakarta untuk membekali mitra agar ikut terlibat aktif mencegah kekerasan seksual. Dimulai mengindentifikasi bentuk kekerasan seksual terhadap perempuan

“Termasuk pelecehan sesual yang dilakukan secara verbal,” kata Dommy.

Keamanan bagi pelanggan Gojek, katanya, menjadi prioritas. Pelatihan dilakukan di 30 kota dan menjangkau 4.000 mitra. Mereka dilatih untuk terlibat aktif mencegah kekerasah seksual di ruang publik.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com