JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Begini Cara Sikat Gigi yang Benar Menurut Ahlinya

Pasta gigi. pexels.com
   
Pasta gigi. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk menjaga agar gigi tidak berlubang dan untuk menghindari bau mulut yang tidak sedap, maka kita perlu menyikat gigi secara benar.

Masih banyak orang yang tidak tahu cara menyikat gigi yang benar. Ada juga beberapa mitos yang salah mengenai cara memastikan gigi tetap sehat dan bersih.

Pakar kesehatan gigi dan mulut Drg. Ratu Mirah Afifah menjelaskan beberapa cara menyikat gigi yang benar dan beberapa persepsi yang salah masyarakat.

Dua kali sehari
Semua orang tentu sudah tahu menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. “Sikat gigi di pagi hari dilakukan setelah makan sarapan dan sikat gigi di malam hari sebaiknya sebelum tidur,” jelas Mirah, di acara Pepsodent di Jakarta Selatan, Selasa, 23 Juli 2019.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Banyak yang masih salah dan menyangka bahwa menggosok gigi dilakukan saat bangun tidur. Padahal, akan lebih efektif bila setelah sarapan di pagi hari.

Dua menit saja
Jangan terlalu lama dan jangan terlalu cepat. Menggosok gigi cukup dilakukan dalam waktu 2 menit. Pastikan dalam dua menit ini, gigi dibersihkan secara menyeluruh. Anda perlu menyikat gigi dengan bentuk memutar untuk memastikan semua kotoran dalam mulut keluar.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Pasta gigi
Selain itu, memilih pasta gigi juga penting. “Sebaiknya menggunakan pasta gigi yang bisa memberikan perlindungan yang menyeluruh, yang bisa menjaga gigi dan gusi agar tetap kuat,” lanjut Mirah.

Tidak hanya menggunakan pasta gigi yang benar, Anda juga harus rutin pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dari kunjungan tersebut, dokter bisa menganjurkan pasta gigi yang sesuai.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com