JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Breaking News! PNS Wonogiri Diimbau Beli Beras ke Petani, Mulai Tinggalkan Belanja di Toko Modern

Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
   
Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Pemkab Wonogiri semakin serius memperhatikan sektor pertanian, khususnya peningkatan kesejahteraan petani. Hal ini ditunjukkan dengan kebijakan yang bakal segera diambil Pemkab.

Kebijakan tersebut adalah imbauan bagi PNS atau ASN untuk membeli beras kepada petani. Prinsipnya mengalihkan belanja beras dari toko modern ke petani Wonogiri.

“Iya kami merencanakan semua PNS untuk membeli beras ke petani. Langkah ini tengah kami matangkan. Kami usahakan tahun ini bisa dilaksanakan,” ujar Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (2/7/2019).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Menurut Bupati, kebijakan itu diambil mengingat adanya problem klasik yang dihadapi petani. Yakni harga padi atau gabah saat panen merosot tajam di tingkatan petani. Imbasnya petani tidak bisa menikmati hasil jerih payahnya selama ini.

“Soal harga ini pemerintah belum bisa berbuat banyak, karena masuk ke ranah mekanisme pasar. Tapi kami berusaha agar bisa sedikit membantu saudara petani kita,” jelas dia.

Dengan langkah PNS membeli beras ke petani diharapkan bisa memberikan penghasilan lebih daripada saat dibeli melalui mekanisme pasar. Soal harga beli dan teknis lainnya bakal digodok lebih matang lagi.

Baca Juga :  Ramadhan di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Target Khatam Alquran 20 Hari dan Berbagi Kebaikan

“Teknisnya bisa disesuaikan dengan kondisi. Misalnya PNS di lingkungan Setda bisa membeli beras dari petani yang sudah terkumpul di kantin, atau pos koperasi dan sebagainya,” tutur dia.

Bupati menyebutkan jumlah petani Wonogiri lebih dari 171 ribu orang. Sedangkan jumlah PNS 10 ribuan orang. Haryanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com