JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dari Pagi Hingga Malam Kawasan Bali Diguncang Gempa

Tempo.co
   
Tempo.co

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM
Kawasan Pulau Bali diguncang tiga kali gempa bumi dengan magnitudo 5,2. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi sejak Rabu (24/7/2019) pagi dan berlangsung hingga malam hari.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono lewat keterangan tertulis melaporkan pada pukul 20.17.23 WIB gempa kembali terjadi di Samudra Hindia selatan Bali.

“Kali ini pusat gempanya berada di zona megathrust (gempa besar) selatan Bali,” katanya Rabu (24/7/2019) malam.

Hasil analisis terbaru BMKG menunjukkan gempa berkekuatan magnitude 5,2 itu terletak pada koordinat 10,57 LS dan 115,00 BT.

“Tepatnya di Samudera Hindia pada jarak 198 kilometer arah barat daya Nusa Dua (Bali) dengan kedalaman 10 kilometer,” ujar Daryono.

Baca Juga :  Prabowo Bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Anies: Bukan Hal yang Luar Biasa

Gempa tektonik itu tergolong dangkal di zona megathrust relatif dekat dengan front subduction. Mekanisme sumber gempanya berupa pergerakan naik (thrusting) dan terletak pada bidang kontak antar lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia. Gempa semacam ini populer disebut sebagai interplate earthquake.

Meskipun pusat gempa berlokasi sangat jauh dari Bali dan Lombok, tetapi beberapa warga di Lombok merasakan guncangan gempa ini dalam skala intensitas II MMI.

Sebelumnya pada hari yang sama gempa pertama terjadi pada pukul 09.29.13 WITA dengan kekuatan M=4,6 pada kedalaman 71 kilometer. Gempa selanjutnya muncul pada pukul 18.53.13 WITA dengan kekuatan M=4,1 dari kedalaman 66 km.

Menurut Daryono berdasarkan kedalaman pusat gempa dan mekanisme sumber gempanya, kedua lindu itu memiliki kaitan dengan aktivitas gempa kuat yang terjadi pada 16 Juli 2019 dengan kekuatan magnitudo 6,0.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

“Sedangan gempa yang ketiga adalah gempa baru di zona megathrust,” katanya.

BMKG mengajak masyarakat meningkatkan kewaspadaan tanpa perlu resah dan khawatir. Tingkah laku gempa menurutnya masih sulit dikenali polanya.

“Aktivitas gempa bumi belum dapat diprediksi kapan, di mana, dan berapa kekuatannya,” ujarnya.

Beberapa warga dari Banyuwangi dan Bali juga melontarkan pertanyaan, apakah rentetan gempa di selatan Bali ini merupakan tipe gempa pembuka?

“Jawabnya adalah sangat sulit untuk menentukan sebuah gempa disebut sebagai gempa pembuka atau bukan,” kata Daryono.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com