JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Di SDIT Nur Hidayah, Kardus Bekas Dikreasi Jadi Kerangka Manusia

Joglosemarnews/A Setiawan
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Media belajar merupakan satu komponen penunjang kegiatan belajar mengajar. Media pun tak selalu mewah dan mahal. Bahan pembuatan sarana belajar juga bisa ditemukan di lingkungan sekitar.

Hal ini dipraktikkan oleh siswa-siswi kelas 5 SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Menggunakan kardus bekas, mereka merangkai rangka organ gerak manusia. Kegiatan itu masih dalam bingkai pembelajaran tematik tema 1 Organ Gerak Hewan dan Tumbuhan.

“Kardus itu dipotong lalu ditempelkan pada bagian-bagian rangka manusia. Kemudian bagian rangka tersebut, kita rangkai menjadi kesatuan menggunakan tali rafia atau kenur,” ujar Susilo Wardhani, SPd selaku guru kelas V.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Ia mengatakan, pembuatan rangkaian rangka itu  tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu belajar. Lebih dari itu, proses membuat rangkaian rangka juga memberikan pembelajaran tersendiri untuk para siswa.

“Sebab mereka juga harus berlatih bekerja sama dalam tim pada pembuatan karya itu,” tambahnya.

Di samping itu, jelas Susilo, melalui kegiatan itu, para siswa juga belajar lebih teliti karena harus menempelkan rangka dengan tepat.

Baca Juga :  Gembiranya Para Siswa SDIT Nur Hidayah yang Ingin Berbagi kepada Para  Supeltas

Di akhir sesi, para siswa dilatih berani untuk mempresentasikan hasil karyanya. Masing- masing anggota dalam kelompok menjelaskan nama bagian bagian organ gerak atas dan bawah pada manusia, sementara teman yang lain memberikan penilaian.

“Kelompok kami kompak bekerja sama. Jadi cepat selesai,” ujar Yusron Habibullah, salah satu siswa kelas 5B dengan gembira.

Di sela kesibukannya mengajar, Nunuk Purnawati SPd, koordinator guru paralel kelas V menandaskan, penggunaan media kardus bekas juga sebagai langkah untuk mendukung program sekolah Adiwiyata. A Setiawan

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com