JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Garuda Membolehkan Penumpang Berswafoto, Asalkan …

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Para penumpang pesawat Garuda akhirnya diperbolehkan untuk mengambil foto di dalam pesawat seperti swafoto, pengambilan video dan gambar lain bagi penumpang dan awak kabin.

Kebijakan baru tersebut merupakan revisi dari kebijakan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya kebijakan maskapai penerbangan tersebut mengimbau para penumpang untuk tidak mengambil foto di dalam pesawat.

mengeluarkan kebijakan terbaru terkait pengambilan gambar ataupun video di dalam pesawat oleh penumpang ataupun awak kabin.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan menyebutkan, meski diperbolehkan, pengambilan foto harus tetap menjaga kenyamanan dan privasi penumpang lain.

“Penumpang tetap dapat mengambil gambar di pesawat baik itu swafoto dan aktivitas pengambilan gambar lainnya selama memperhatikan dan tidak mengganggu kenyamanan dan privasi penumpang lainnya,” kata Ikhsan melalui keterangan tertulis diterima, Rabu (17/7/2019).

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Dengan begitu, Ikhsan berharap, informasi yang beredar di masyarakat perihal pelarangan pengambilan gambar di dalam pesawat yang sempat viral bisa diluruskan.

Garuda Indonesia juga telah mengeluarkan imbauan terkait pengambilan gambar di dalam pesawat, yang dimaksudkan untuk menjamin kenyamanan dan privasi penumpang secara keseluruhan.

Ikhsan menjelaskan, imbauan tersebut sudah melalui proses yang panjang serta pertimbangan yang matang, terutama masukan dan komplain dari para penumpang dan awak pesawat.

Aturan itu juga tidak bermaksud untuk membatasi keperluan penumpang untuk mengambil gambar di pesawat.

Lebih jauh, menurut Ikhsan, kebijakan mengenai pengambilan gambar di pesawat merupakan hal yang lumrah ditemui di sejumlah maskapai penerbangan global.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Hal tersebut ditujukan untuk menjamin kenyamanan dan aspek privasi penumpang maupun tata kelola keamanan penerbangan tetap terjaga.

Soal foto dan video yang diambil di atas pesawat menjadi pembicaraan hangat belakangan ini karena postingan Youtuber Rius Vernandes yang memuat soal menu makanan Garuda Indonesia dalam bentuk tulisan tangan.

Postingan di InstaStory Rius tersebut kemudian berkembang viral sampai akhirnya Garuda mengeluarkan kebijakan tentang pengambilan foto dan video di pesawat.

Rius Vernandes dan Elwiyana Monica belakangan malah dilaporkan oleh Serikat Karyawan Garuda atau Sekarga ke polisi dengan tuduhan mencemarkan nama baik PT Garuda Indonesia lewat media sosial.

Adapun kejadian yang direkam terjadi dalam penerbangan GA 715 – 417 tujuan Sydney – Denpasar – Jakarta.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com