JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ingin Rujakan di Mekah, Jemaah Calon Haji Ini Bawa Cobek, Munthu dan Bumbu Rujak

Cobek, ulek-ulek dan buah mangga ditemukan petugas di embarkasi Surabaya terhadap CJH asal Pamekasan Madura. Tribunjatim/Istimewa
   
Cobek, ulek-ulek dan buah mangga ditemukan petugas di embarkasi Surabaya terhadap CJH asal Pamekasan Madura. Tribunjatim/Istimewa

JOGLOSEMARNEWS.COM – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Surabaya menemukan cobek, ulek-ulek dan buah mangga dalam sebuah tas ransel milik seorang Jemaah Calon Haji asal Pamekasan Madura.

Meski barang bawaan telah diatur oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), namun tetap saja ada barang-barang lain yang dibawa.

Panitia menemukan cobek, ulek-ulek, buah mangga lengkap dengan bumbu rujak saat pengecekan sebelum para jamaah haji berangkat ke bandara.

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

“Di kloter 10 dari Pamekasan ada hal-hal menarik, ada tiga cobek berukuran kecil, buah dan bumbu rujak dibawa dalam koper jinjing, bukan koper besar,” kata Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Surabaya Sutarno, Rabu (11/7/2019).

Beberapa bahan bumbu pun sudah siap pakai di dalam botol beserta mangga muda.

Sunarto mengatakan, para pemilik barang ingin menyambal dan membuat rujak di Mekkah.

“Saya tanya yang bersangkutan, buat apa cobeknya? Katanya mau nyambel, mau rujak. Beliau juga sudah bawa mangga dan bumbu. Sudah rapi,” kata Sutarno.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

Barang-barang tersebut disita petugas lantaran tidak termasuk pada daftar barang rangkaian ibadah haji maupun tidak sesuai peraturan barang untuk penerbangan internasional.

“Itu memang katanya saking dia senengnya sama sambel daerahnya makanya berusaha bawa itu. Namun kami dari tim jeli maka barang ditahan tidak boleh dibawa ke Mekkah,” pungkas Sutarno.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com