JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Fakta dan Mitos Seputar Diatebes Menurut Ahlinya

Ilustrasi Gula. pexels.com
   
Ilustrasi Gula. pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM Gula selalu dikatitkan dengan penyakit diabetes. Hal itu memang tidak salah, karena salah satu penyebab utama diabetes adalah kelebihan kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes menjadi sorotan para pakar kesehatan karena termasuk penyakit mematikan.

Masih banyak berita yang salah kaprah yang beredar di masyarakat seputar penyakit ini. Untuk meluruskannya, dokter spesialis penyakit dalam Dante Saksono pun membagikan beberapa mitos dan fakta seputar penyakit diabetes.

Dalam acara Beat Diabetes di Lapangan Banteng, Jakarta, pada Minggu, 14 Juli 2019, dr. Dante membagikan beberapa di antaranya.

Diabetes tidak terjadi karena faktor keturunan

Fakta: Memang, faktor utama diabetes adalah gaya hidup yang tidak sehat. Meski demikian, genetik dan keturunan juga berpengaruh untuk menyebabkan seseorang terkena diabetes. Dante mengatakan bahwa apabila antara ayah atau ibu mengidap diabetes, maka kemungkinan untuk merasakan hal yang sama ialah sebesar 25 persen. Apabila keduanya, akan naik menjadi 50 persen. “Tapi kalau ayah ibu kena diabetes sebelum usia 30 tahun, risikonya 75 persen. Jadi keturunan juga berkaitan erat dalam menyumbang diabetes ya,” katanya.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Gula merah, gula aren dan gula batu lebih sehat daripada gula putih

Fakta: Rupanya ini sama sekali tidak benar. Dalam pemaparannya, Dante mengatakan bahwa semua gula pada dasarnya mengandung kalori. Entah itu gula merah, gula aren, gula batu, maupun gula putih. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengontrol seluruh penggunaan gula. “WHO menyarankan hanya 4 sendok per hari untuk semua jenis gula,” katanya.

Menghindari diabetes dengan cara tidak makan atau minum gula sama sekali

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Fakta: Diabetes memang selalu berkaitan erat dengan gula. Meski demikian, apabila Anda ingin mencegah atau ingin mengontrol diabetes, bukan berarti Anda harus menghindari gula. Pasalnya, Anda tetap boleh mengkonsumsi gula, namun dibatasi. Dante mengatakan bahwa satu potong martabak manis mengandung dua sendok gula. Itu berarti, apabila Anda tidak mengkonsumsi gula sama sekali di hari itu, Anda hanya diperbolehkan makan dua potong saja.

Diabetes tidak menyerang orang dengan badan yang kurus

Fakta: Meskipun diabetes selalu dihubungkan dengan obesitas alias banyaknya lemak dan gula pada tubuh, namun diabetes tetap bisa menyerang mereka yang kurus. Terlebih lagi apabila mereka memiliki faktor keturunan dari orang tua yang merupakan pasien diabetes. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pengecekan gula darah setidaknya setahun sekali.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com