JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ini Jumlah Kampung KB di Sukoharjo, Salah Satu Penyebab Banjirnya Penghargaan yang Diterima Kota Makmur

Etik Suryani menerima satya lencana
   
Etik Suryani menerima satya lencana

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Presiden Joko Widodo menganugrahi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sukoharjo, Etik Suryani, Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya. Etik dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program KB serta komitmennya dalam menggerakan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Etik Suryani menerima penghargaan pada acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tahun 2019, di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (6/7).

Ditemui di Rumah Dinas Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengaku bersyukur mendapat anugerah tersebut. Hal tersebut akan dijadikan motivasi lebih untuk terus membangun Kabupaten Sukoharjo, khususnya dalam bidang kependudukan dan KB.

“Alhamdulillah saya mendapat anugerah Satyalancana Wira Karya dari Bapak Presiden yang diserahkan oleh Ibu Menko PMK, Ibu Puan,” ungkap dia, Kamis (11/7/2019).

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Selain penghargaan bersifat individu tersebut, Kabupaten Sukoharjo dalam kesempatan itu juga meraih penghargaan sebagai juara posyandu tingkat nasional. Dalam hal ini diwakili oleh Posyandu Desa Karangasem, Kecamatan Bulu.

Terkait penghargaan yang diperolehnya, Etik mengatakan bukan semata-mata untuk dirinya pribadi. Tetapi untuk mengharumkan dan mengenalkan nama Kabupaten Sukoharjo di kancah nasional. Khususnya melalui bidang kependudukan dan KB. Sebab jika dilihat dengan lebih dalam, urusan KB itu bukan sekadar urusan sepele.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam KB, di antaranya kreativitas dalam menambah ekonomi keluarga, mendidik anak dan menambah pengetahuan khususnya bagi ibu-ibu. Terlebih pada era sekarang jika tidak mendapatkan bekal yang kuat dari keluarga, dikhawatirkan anak-anak dengan mudah akan terjerumus oleh geliat perkembangan zaman dan tekhnologi.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Jadi tidak sekadar bagaimana hamil, punya anak di dapur saja. Tetapi lebih luas bagaimana ibu-ibu itu juga memberdayakan kemampuannya dalam mengelola keluarga sehingga menuju keluarga yang harmonis dan sejahtera,” tegasnya.

Menurut dia, dukungan dari Pemkab dalam hal ini Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menjadi salah satu hal yang sangat positif, sehingga TP. PKK sering sekali mendapat penghargaan baik tingkat provinsi dan nasional, sebab tanpa dukungan dari semua pihak, belum tentu Sukoharjo bisa seperti saat ini.

“Di Kabupaten Sukoharjo ini sudah ada kampung KB di 167 desa/kelurahan. Di sana banyak sekali kegiatan yang positif dan bermanfaat. Bahkan salah satu kampung KB di Ngasinan, Bulu selalu menjadi rujukan dari berbagai daerah,” imbuh dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com