JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Petani Muda dan Koperasi Petani Harus Jadi Kategori Lomba Tersendiri di Wonogiri

Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
   
Lahan pertanian di Wonogiri.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI,JOGLOSEMARNEWS.COM  — Generasi muda pertanian mesti dilibatkan lebih aktif lagi di Wonogiri. Bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap pelibatan itu salah satunya melalui perlombaan.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan hal tersebut, Kamis (4/7/2019). Menurut dia perlu diperhatikan kelangsungan sektor pertanian. Hal itu ada di pundak generasi muda.

“Jangan sampai lupa, generasi muda sangat menentukan kemajuan dan kelangsungan sektor pertanian. Apalagi saat ini semakin sedikit anak muda mau terjun bekerja di sektor pertanian,” ungkap Bupati.

Perhatian itu perlu diwujudkan dalam hal konkret. Dia mengatakan, saat ada lomba pertanian, perlu ditambah kategori untuk anak muda. Minimal ditambah dua kategori yang dilombakan, yakni kategori petani muda dan kategori koperasi petani.

Baca Juga :  Mulai 2024 Anggota DPRD Tak Boleh Ikut Studi Banding Lagi

“Supaya petani muda masuk dalam kategori tersendiri untuk keberlangsungan profesi petani di kalangan generasi muda,” tegas Bupati.

Dia menyebutkan, kelembagaan petani harus didorong dan didampingi. Hal itu sebagai upaya terorganisasi dan terstruktur untuk memberi pembelajaran dan memotivasi, sehingga petani lebih produktif dan modern dalam menghadapi tantangan zaman.

Sedangkan, Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri telah menggelar delapan kategori perlombaan di bidang pertanian. Para juara di tingkat kabupaten tersebut akan dipersiapkan untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Jateng. Juara kategori Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) diraih Gapoktan Beji Makmur Kecamatan Nguntoronadi, juara kategori kelompok tani berprestasi diraih kelompok tani Sido Mulyo Kecamatan Tirtomoyo. Juara kategori petani berprestasi diraih Rimo dari Kecamatan Puhpelem.

Baca Juga :  Potret Nyata Upaya Basmi DBD di Jatisrono Wonogiri, Full Kebul alias Fogging Bolo

Sementara juara kategori penyuluh pertanian swadaya adalah Warsino dari Kecamatan Wonogiri. Juara kategori Pos Penyuluhan Desa diraih Posluhdes Bangsri Kecamatan Purwantoro. Penyuluh tenaga harian lepas diraih Wahyu Tulus Nugroho dari Kecamatan Nguntoronadi. Penyuluh PNS diraih Ali Machfud dari Kecamatan Pracimantoro, dan Juara kategori Balai Penyuluh Pertanian (BPP) diraih BPP Baturetno. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com