JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Prabowo – Jokowi Ketemu, Amien Rais Minta Tak Bagi-bagi Kursi

Amien Rais / tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Sebagaimana diungkapkan sebelumnya, akhirnya Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais membaca surat dari Prabowo Subianto.

Menurut Amien, surat Prabowo tersebut beeisi  soal rencana pertemuan dengan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Surat itu ditujukan ke rumah Amien di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Amien mengaku baru membaca surat tersebut pagi tadi karena baru tiba dari Yogyakarta.

“Surat dari Pak Prabowo bertanggal 12 Juli, isinya, ‘Pak Amien, kemungkinan 13 Juli akan ada pertemuan dengan Pak Jokowi’,” kata Amien di Jalan Daksa I Nomor 11, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Amien menuturkan, dalam suratnya Prabowo mengatakan bahwa kepentingan bangsa lebih besar. Prabowo juga menyatakan mementingkan keutuhan NKRI.

Yang kedua, lanjut Amien, Prabowo mengatakan bakal menemui dirinya selepas bertemu Jokowi. Kata Prabowo dalam suratnya, pertemuan bisa dilakukan di Jakarta atau kediaman Amien di Yogyakarta.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

“Paragraf kedua mengatakan setelah ini saya akan ketemu Pak Amien, bisa di Jakarta, bisa terbang ke Jogja,” ujar Amien.

Amien tak tahu siapa saja yang dikirimi surat serupa oleh Prabowo. Dia juga belum tahu kapan bakal bertemu dengan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu.

Secara singkat, Amien mengatakan pada dasarnya dia sepakat dengan alasan yang dikemukakan Prabowo. Namun Amien tak ingin rekonsiliasi pascapemilihan presiden itu lantas dimaknai sebagai bagi-bagi kekuasaan.

“Saya tetap pada pendirian saya rekonsiliasi dalam arti bangsa utuh enggak boleh pecah, saya seribu persen setuju, mbahnya setuju yah. Tetapi rekonsiliasi itu jangan sampe diwujudkan menjadi bagi-bagi kursi,” kata Amien.

Jokowi dan Prabowo sebelumnya bertemu untuk pertama kali setelah pilpres pada Sabtu pekan lalu, 13 Juli 2019. Titik awal pertemuan berlokasi di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus. Keduanya kemudian naik moda transportasi anyar itu menuju Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Serahkan Bukti Tambahan Sebanyak 15 Kontainer ke MK

Di Stasiun MRT Senayan, Jokowi dan Prabowo memberikan pernyataan kepada wartawan. Jokowi berharap tak ada lagi kompetisi seiring dengan berakhirnya pilpres 2019. Dia mengatakan tak ada lagi 01 dan 02, begitu pula sebutan cebong (pendukung Jokowi) dan kampret (pendukung Prabowo) harus disudahi.

Adapun Prabowo mengucapkan selamat kepada Jokowi yang kembali terpilih sebagai presiden. Prabowo juga menyampaikan kesiapannya membantu, sekaligus meminta Jokowi maklum jika pihaknya mengkritik kebijakan pemerintah.

Jokowi dan Prabowo juga bersantap siang bersama di pusat perbelanjaan FX Sudirman.

Amien Rais sebelumnya menyebut pertemuan itu berlangsung mendadak. Dia mengatakan bakal merespons setelah membaca surat dari Prabowo.

“Sama sekali saya belum tahu. Makanya itu, mengapa, kok, tiba-tiba nyelonong,” kata Amien di sela menerima kunjungan pengurus DPW PAN Jawa Tengah di rumahnya, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com