JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Putra Sri Sultan HB IX, GBPH Cakraningrat Wafat

Tempo.co
   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Putra kedua Sri Sultan Hamengku Buwono IX dari istri ke-4, GBPH Cakraningrat meninggal di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2019) pukul 20.38 WIB.

Almarhum merupakan putra kedua dari istri ke 4 Raja Keraton Yogya Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Kanjeng Raden Ayu (KRA) Ciptamurti yang total memiliki enam putra/putri.

Prosesi pemakaman almarhum dilakukan di komplek pemakaman raja-raja Kotagede Yogyakarta pada Senin (22/7/ 2019).

Almarhum diberangkatkan dari Jakarta melalui jalan darat menggunakan mobil ambulans dari rumah duka di Jakarta pada Senin pagi menuju Yogyakarta.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

“Almarhum akan disemayamkan di Ndalem Prabukusuman, Alun Alun Selatan Yogyakarta sebelum dimakamkan,” ujar putra pangeran Keraton Yogya, GBPH Prabukusumo, Raden Mas Harcanie Prabu Putra.

Harcanie mengatakan Cakraningrat merupakan adik tiri dari ayahnya, Prabukusumo dan juga Raja Keraton Yogya saat ini Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Prabukusumo merupakan putra dari istri ke tiga Sultan HB IX, KRA Hastungkara sedangkan Sultan HB X merupakan putra istri kedua HB IX, Bendara Raden Ayu (BRA) Windyaningrum.

Baca Juga :  Hakim MK Diminta Tak Hanya Periksa Perbedaan Perolehan Suara, Todung: Pemilu Kali Ini Dipenuhi Berbagai Pelanggaran

Perkiraan pukul 14.00 almarhum diberangkatkan ke Masjid Agung Kauman untuk disalatkan kemudian diberangkatkan ke kompkeks pemakaman Kotagede.

Pantauan di lokasi, di Ndalem Prabukusuman, kediaman Gusti Prabukusumo, sejumlah tenda untuk pelayat sudah dipasang.

Ucapan bela sungkawa berupa karangan bunga juga mengalir dari sejumlah tokoh. Mulai Bupati Purworejo Agus Bastian, anggota DPR RI Idham Samawi, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, hingga Kapolresta Yogyakarta.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com